Pemko Padang Ancang – Ancang Akuisisi Lahan PT Sumatex Subur

 

Padang – Pemerintah Kota Padang berancang-ancang mengakuisisi lahan PT Sumatex Subur, yang berada di Bandar Kecamatan Lubuk Kilangan. Saat ini lahan perusahaan seluas 12 hektar itu, tengah menganggur, karena jadi barang sitaan negara dibawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Pasca pabrik yang memproduksi tekstil dan alat berat ini ditutup pada tahun 2003 silam, perusahaan yang berinduk di PT Texmaco Jakarta tersebut tak lagi dipergunakan. Bahkan seluruh bangunan terlihat dalam kondisi rusak berat.

“Kita membutuhkan lahan di Bandar Buat untuk parkir truk. Lahan PT Sumatex Subur berpotensi untuk kita berdayakan, sehingga truk tak ada lagi parkir di pinggir jalan sepanjang Indarung hingga ke Lubeg,”ucap Walikota Padang Hendri Septa saat menerima audiensi AJO Sumbar, Kamis (20/1/2022).

Kata Hendri Septa, kemungkinan untuk mengakuisisi lahan PT Sumatex Subur sangat besar, meskipun sudah menjadi aset pemerintah pusat. Meskipun cukup pelik prosesnya, akan tetapi Pemko optimis hal itu bisa diwujudkan.

“Kita akan belajar dari Kota Bogor. Sebab Pak Wali Bima Arya sudah sukses mengambil tanah sitaan negara untuk dipergunakan Pemko Bogor. Dalam waktu dekat kita akan ke Bogor. Kita yakin Padang juga bisa seperti Bogor,” ujar Hendri Septa yakin.

Ia mengungkapkan, latar belakang dirinya berkeinginan besar untuk mengakuisisi lahan PT Sumatex Subur, karena Terminal Truk Koto Lalang sudah full capacity untuk parkir truk. Sehingga masih banyak truk parkir di pinggir jalan, yang mengakibatkan kecelakaan dan merenggut cukup banyak korban jiwa.

“Selain itu juga, Polresta Padang membutuhkan lahan baru untuk kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas). Kemenag Padang juga telah mengajukan permintaan untuk lahan baru. Oleh karena itu, Pemko Padang mengupayakan lahan PT Sumatex Subur ini,”jelas Hendri Septa.

Pihaknya memohon doa restu masyarakat Kota Padang agar hal ini terealisasi. Agar di sekitar ruas jalan Indarung – Lubuk Begalung tak lagi ada kejadian kecelakaan lalu lintas, akibat truk parkir di pinggir jalan.(ridho)