Tingkatkan Kinerja OPD, Pemkab Padang Pariaman Gandeng ICon+

 

Padang Pariaman – Bupati Padang Pariaman menandatangani Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dengan PT. ICon+. Kerjasama tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan koordinasi dan sinergi untuk pelaksanaan, pengadaan, pengembangan, dan pemeliharaan jaringan telekomunikasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan di gedung Dewan Komisaris (Dekom) PT ICon+ Mampang, Jakarta Selatan Pada hari Senin 24 Januari 2022.

Hadir Direktur Utama PT I Con+ Yuddy Setyo Wicaksono yang didampingi Direktur Enterprise Bussinees Julita Indah dan General Manager SBU Sumbagteng Hendra Yusnadi, beserta jajaran.

Secara jelas dari Nota Kesepahaman yang ditandatangani, ada lima kerjasama yang disepakati meliputi Penyediaan layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kedua Melakukan pembangunan dan penyediaan infrastruktur jaringan sesuai dengan roadmap TIK Pemerintah Daerah.

Kesepakatan ketiga adalah pertukaran informasi terkait kondisi serta solusi, untuk pemenuhan kebutuhan layanan TIK dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

Kemudian Keempat, mendukung peningkatan kualitas Pelayanan Publik melalui sarana dan prasarana TIK. Dan yang kelima, mendorong penerapan teknologi-teknologi terbaru dalam rangka menjadikan Kabupaten Padang Pariaman Smart City.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan, bahwa Pembangunan Smart City tidak sekedar mengedepankan efisiensi birokrasi dengan memanfaatkan TIK, namun juga bagaimana membangun masyarakat dengan menjadikan sarana TIK sebagai faktor pendukung atau enabler.

“Terkait dengan pelaksanaan program Smart City ini Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah memiliki infrastruktur jaringan internet yang terkoneksi ke seluruh OPD, kecamatan dan Puskesmas”, Kata Suhatri Bur.

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya antara Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan PT. ICon+ sudah bekerja sama selama empat tahun lebih. Karena semua infrastruktur jaringan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dibangun oleh ICon +.

Dia berharap, kedepannya kerjasama ini terus ditingkatkan. Terutama dapat membangun infrastruktur jaringan sampai ke 103 nagari yang ada di Padang Pariaman.

“Ucapan terima kasih kepada Pimpinan dan jajaran PT ICon+ atas kerjasama yang baik selama ini. Semoga kedepannya, kerjasama ini bisa lebih ditingkatkan, bukan hanya terbatas pada bidang TIK saja. Namun juga dapat dilakukan pada bidang lainya, sesuai dengan kebutuhan pembangunan dan masyarakat”, Harap Suhatri Bur yang juga ketua DPD PAN Padang Pariaman ini.

Julita Indah Direktur Enterprise Bussiness mewakili Direktur Utama PT. ICon+ mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bupati Padang Pariaman sekaligus kepercayaan yang telah diberikan kepada ICon+ dalam memberikan dukungan ICT di Kabupaten Padang Pariaman.

Julita juga menegaskan, terkait kerjasama lima tahun kedepan, sebagaimana tertuang dalam lingkup kerjasama berupa layanan existing: internet. Sebagai solusi penyediaan koneksi dan manage service di lebih 90 titik OPD dan sekolah, serta penyediaan Command Cetre untuk Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dari ICon+.
“Kami akan mendukung penuh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam setiap upaya untuk mensejahterakan masyarakat, melalui digitalisasi layanan, teknologi dan informasi,” tegasnya.

Selanjutnya, Julita mewakili Pimpinan dan keluarga besar ICon+ meminta maaf jika dalam pelayanan dan kerjasama yang kurang memuaskan. Ia berharap, kolaborasi antara ICon+ dan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman bisa berjalan lancar terus lebih baik kedepannya.

Serta saling memberikan manfaat untuk masyarakat Padang Pariaman dan juga dapat menjadikan Padang Pariaman Smart City dengan mengutamakan dukungan ICT khususnya dalam melakukan layanan publik. (Roy)