Take a fresh look at your lifestyle.

Politeknik Negeri Padang Bedah Visi Misi Calon Direktur

759

Padang – Panitia Pemilihan Direktur Politeknik Negeri Padang ( PNP ) periode 2021-2025, menggelar rapat senat Terbuka berupa penyampaikan Visi Misi dan Program Kerja Bakal Calon Direktur di hadapan senat dan mahasiswa, Jumat (1/10/2021).

Bertempat di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Kampus PNP , penyampaian Visi Misi itu juga disaksikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek Wikan Sakarinto melalui virtual.

Keempat Bakal Calon Direktur PNP itu terdiri dari Dr Surfa Yondri, S.T, S.S.T, M.Kom, Dr.Nurul Fauzi, S.E.,M.M., Ak., CA, Hendro Saptopramono. SS., M.Ed. TESOL, dan Novirwan Trinanto, S.E, M.Si

Surfa Yondri yang merupakan petahana, mempunyai Visi “Mewujudkan Politeknik Negeri Padang sebagai Institusi Pendidikan Tinggi Vokasi yang berorientasi Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), unggul, kreatif, inivatif, bermartabat dan berdaya saing.

Sedangkan Misi nya, adalah mewujudkan Politeknik Negeri Padang sebagai penghasil lulusan yang berkarakter baik, berakhlak mulia, berfikir akademis dan manpu bertindak secara profesional (memiliki softskill dan hadrskill yang baik)

Kemudian, meningkatkan penyelenggaraan pendidikan vokasi yang berkuakitas, penelitian dan pengabdian kepada masyatakat yang tepat guna sesuai perkembangan ilmu dan teknologi (IPTEK) berbasis kebutuhan DUDI dengan menerapkan filosofi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Selain itu, menyelenggarakan pendidikan vokasi dengan mengacu kepada sistem penjaminan mutu dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang berakhlak, disiplin, terampil, mandiri, berdaya saing dan berjiwa Pancasila serta memiliki integritas yang tinggi.

Selanjtnya, meningkatkan kerjasama dengan stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan Politeknik Negeri Padang . “Visi Misi dan Program ini merupakan rencana strategis secara garis besar yang saya susun mengacu kepada Visi, Misi Presiden dan Wakil Presiden Jokowi- M. Amien,” katanya.

“Selain rencana strategis Jokowi-M.Amien, Visi Misi ini juga sejalan dengan rencana strategis Kemendikbudristek, rencana strategis Ditjen Vokasi dan rencana strategis Politeknik Negeri Padang dengan harapan, mampu memberikan panduan dalam pengembangan Politeknik Negeri Padang ke depan,” tambah Surfa Yondri.

Sementara itu, Nurul Fauzi juga menyampaikan Visi, yaitu “Menjadikan Politeknik Negeri Padang sebagai Perguruan Tinggi Vokasi yang unggul, berkreatif lokal, berdaya saing global dan berwawasan internasional.

Sedangkan Misi dan Program Kerja yang ia sampaikan, selaraskan dengan 8 indikator kinerja utama Kemendikbudristek. Di antaranya, lulusan mendapat pekerjaan yang layak. Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Dosen berkegiatan di luar kampus/industri.

Sedangkan Misi dan Program Kerja yang ia sampaikan, selaraskan dengan 8 indikator kinerja utama Kemendikbudristek. Di antaranya, lulusan mendapat pekerjaan yang layak. Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Dosen berkegiatan di luar kampus/industri.

“Kemudian, praktisi mengajar di dalam kampus. Program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia. Kelas yang kalaboratif dan partisipatif, serta progran studi berstandar internasional,” kata Ketua Jurusan Akuntansi PNP itu.

Bakal Calon Direktur PNP lainnya, Hendro Saptopramono yang merupakan Ketua Jurusan Bahasa Inggris menyampaikan Visi “Mewujudkan Visi Politeknik Negeri Padang untuk menjadi institusi Pendidikan Tinggi Vokasi terbaik di Asia Tenggara yang bermartabat dan berwawasan internasional di tahun 2025.

Kemudian Misi-nya, menyelenggarakan pendidikan vokasi yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan internasional. Menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi berdasarkan pada prinsip good university governance yang berorientasi pada nilai-nilai transparansi, partisipasi, amanah, akuntabilitas, serta, pengorganisasian dan kepemimpinan yang baik.

Selain itu, juga menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dan adaptif untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka untuk meningkatkan daya saing, berbasis kepada kemitraan,pemberdayaan potensi lokal wisdom, serta berdaya guna dan bermanfaat langsung untuk industri dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Selanjutnya, menjalin kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, pemerintahan dan dunia usaha di tingkat nasionnal dan internasional. Melakukan pengembangan program studi dan pengembangan institusi melalui penciptaan iklim akademik yang baik untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan berkompeten, serta memiliki softskill sesuai dengan kebutuhan industri.

Sementara itu, Novirwan Trinanto, menyampaikan Visi “Menjadikan Politeknik Negeri Padang sebagai perguruan tinggi vokasi yang link and supermarch dengan industri dan berdaya saing internasional.” Sedangkan Misi-nya, menyelenggarakan pendidikan bermutu sesuai dengan standar penjaminan mutu, baik internal maupun eksternal.

“Kemudian, meningkatkan tata kelola penyelenggaraan pendidikan di PNP . Meningkatkan kerjasama dengan dunia induatru baik dalam negeri maupun luar negeri,” ungkap Ketua Jurusan Administrasi Niaga itu.

Ketua Panitian pemilihan Direktur PNP Rahmat Hidayat mengatakan, pemilihan Direktur PNP untuk periode 2021-2025 ini telah dimulai sejak Juni lalu. Ada beberapa tahapan yang dilakukan. Pertama setelah dilakukan pengumuman, pihaknya kemudian membuka pendaftaran bakal calon direktur PNP dan seleksi adminsitrasi yang digelar sejak 17-28 Juni.

Kemudian pada 5 Juli, dilakukan pembahasan dan penetapan calon oleh senat, sekaligus pengumuman hasil penetapan bakal calon direktur . “Nah, hari ini merupakan rapat senat terbuka . Di mana semua Bakal Calon menyampaikan Visi Misi dan Program Kerjanya kepada senat, yang juga turut disaksikan oleh mahasiswa dan Dirjen Vokasi,” katanya.

Hal yang sama juag disampaikan Sekretaris Senat Sarmiadi. Kata dia, setelah Rapat Senat Terbuka ini, nantinya pada 4 Oktober akan dilakukan Rapat senat terutup penilaian dan penetapan 3 calon direktur yang dilanjutkan dengan pengumuman hasil penetapan penyaringan calon direktur .

“Setelah 4 Oktober, barulah dilakukan opemilihan direktur dalam rapat senat tertutup bersama menteri dan pengumuman hasil pemilihan calon direktur terpilih. Rapat senat tertutup dan pengumuman calon direktur terpilih dilakukan pada 4 November mendatang. Untuk hak suara, anggota senat sebanyak 32 suara dan menteri 17 suara. Jadi total hak suara nantinya 49 suara,” kata Sarmiadi.(*)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.