Take a fresh look at your lifestyle.

Wako Hendri Septa Tinjau Pembangunan Kantor Camat Padang Barat, Ada Shelter dan Gedung Serbaguna

287

Padang – Wali Kota Padang Hendri Septa meninjau pelaksanaan pembangunan Kantor Camat Padang Barat, Selasa (21/9/2021). Kantor camat yang berlokasi di Jl. Veteran No.85 Purus tersebut kini dibangun empat lantai.

Lokasinya yang berdekatan dengan bibir pantai dan kawasan zona merah tsunami menjadikan bangunan kantor harus ramah bencana, sebab itu lantai empat difungsikan sebagai shelter (tempat perlindungan) sementara dari bahaya tsunami, sedangkan lantai tiga dijadikan ruang serbaguna yang nantinya juga dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai tempat pelaksanaan berbagai kegiatan.

Wako Hendri mengatakan, Kecamatan Padang Barat merupakan etalasenya Kota Padang, karena berada di pusat kota, dimana objek wisata Pantai Padang berada di kawasan ini, sehingga Kantor Camat Padang Barat perlu dibangun representatif.

“Insya Allah pembangunan Kantor Camat Padang Barat selesai pada tahun 2021 ini. Semoga bangunan ini dapat mengakomodir berbagai fungsi yang diperlukan oleh aparatur kecamatan dalam memberikan pelayanan publik yang nyaman,” tutur Wako didampingi Kadis Pertanahan Kota Padang Raju Minropa, Kabag Prokompim Amrizal Rengganis, Camat Padang Barat Eri Sendjaya, Lurah Purus dan beberapa unsur OPD lainnya.

“Kantor ini juga ramah bencana dengan disediakannya shelter di lantai empat, sebagai tempat berlindung dan penampungan sementara dari bencana tsunami, karena kita tidak dapat memprediksi kapan datangnya bencana, tapi kita dapat memitigasi risiko bencana,” imbuhnya.

“Sementara di lantai tiga akan dibangun ruangan serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan, termasuk pesta pernikahan,” lanjut Wako.

Di kesempatan yang sama Camat Padang Barat Eri Sendjaya menuturkan, pembangunan Kantor Camat Padang Barat telah dilakukan sejak tahun 2018 dan perencanaannya telah melalui rembuk dengan tokoh masyarakat setempat.

“Kantor camat ini dibangun kembali sebab fisik bangunan banyak yang rusak akibat gempa 2009, yang dikhawatirkan dapat membahayakan dan tidak layak ditempati,” katanya.

“Perencanaan pembangunan pada tahun 2018, namun pengerjaan baru dapat dilakukan pada tahun 2020, sebab anggarannya di-refocusing untuk penanggulangan pandemi Covid-19,” lanjutnya.

“Bangunan ini belum dapat digunakan secara maksimal, karena perlu penyempurnaan seperti tersedianya lahan parkir yang memadai dan dibangunnya pagar bangunan,” lanjutnya lagi.

“Insyaallah dengan hadirnya bangunan baru Kantor Camat Padang Barat yang baru nanti, juga memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (*)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.