Take a fresh look at your lifestyle.

BPJN III Padang Benahi Akses Jalan, Perlancar Transportasi Hari Nusantara Nasional 2019 di Pariaman

316

Pariaman – Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang dukung pelaksanaan Hari Nusantara Tingkat Nasional Tahun 2019, yang akan dilaksanakan di Kota Pariaman medio 13 Desember mendatang

Kegiatan yang dipusatkan di Pantai Gondoriah tersebut rencananya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan beberapa orang Menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Dukungan yang diberikan adalah dalam bentuk pelebaran jalan di sekitar Pantai Gondoriah, pusat acara Hari Nusantara,” Ucap Kepala BPJN III Padang Ir H.Aidil Fiqri MT kepada Majalahintrust.com, saat menemani Sekjen Kementerian PUPR melihat langsung kesiapan tuan rumah Kota Pariaman, Selasa (26/11).

Dikatakan Aidil, kondisi eksisting jalan ini sebelumnya cukup sempit. Sehingga tak memungkinkan menampung ribuan kendaraan yang akan mengikuti kegiatan yang diprakarsai Kemenko Kemaritiman itu.

Oleh karena itu, BPJN III Padang membantu Kota Pariaman dalam melakukan pelebaran jalan, sekaligus melakukan pengaspalan jalan sepanjang 180 meter. Agar kegiatan berskala nasional ini berjalan lancar.

“Pekerjaan sudah mulai dilakukan pada Senin 25 November kemarin. Insya Allah tanggal 5 Desember pekerjaan selesai kita lakukan,” Ucap Aidil yang saat itu didampingi Kasatker PJN I Sumbar Albar Daen ST.MT dan Agung Setyawan ST.MT.

Guna mengecek secara langsung kesiapan Hari Nusantara Nasional Tahun 2019, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti mengecek langsung kesiapan infrastruktur pendukung acara dimaksud.

“Setelah kita berkeliling di lokasi khusus melihat kesiapan infrastruktur kegistan, Kota Pariaman saya kira sudah siap. Tinggal lagi penambahan beberapa fasilitas sanitasi disekitar lokasi kegiatan,”saran Anita.

Hari Nusantara merupakan peringatan terhadap Deklarasi Djuanda tanggal 13 Desember 1957 yang merupakan pernyataan Pemerintah Indonesia mengenai wilayah perairan Indonesia sebagai wilayah territorial yang menyatu dengan wilayah daratan. Sehingga semua perairan disekitar diantara , atau menghubungkan Pulau-Pulau yang masuk daratan Negara kesatuan Republika Indonesia adalah bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah Yuridiksi Republik Indonesia.

Sedangkan awal mula Hari Nusantara sendiri semenjak pada tanggal 11 Desember 2011 ketika Presiden Megawati Soekarno Putri mengeluarkan Surat Keputusan nomor 126 tahun 2001 tentang penetapan Hari Nusantara sebagai peringatan Hari Nasional. (Ridho)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.