Take a fresh look at your lifestyle.

BWS Sumatera V Butuh Sinergi Menata Kawasan Malvinas, Demi Menciptakan Kawasan Wisata Baru

541

Padang – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V ingin membenahi Pulau Malvinas di Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo, Kota Padang menjadi destinasi wisata baru, baik wisata sungai, wisata terpadu, serta wisata pembibitan tanaman.

Karena lokasi Hutan Malvinas sangat strategis sebagai wisata alam yang memiliki potensi menjanjikan. Disamping tempatnya masih asri, air sungai yang masih hijau dan jernih, juga tempatnya unik karena jarang di kota besar ada hutan ditengah kota.

“Potensinya sangat bagus tempat ini. Oleh karena itu kami tidak bisa berjalan sendiri untuk mewujudkan Hutan Malvinas sebagai wisata baru. Butuh sinergi semua pihak tentunya,”kata Kepala BWS Sumatera V Maryadi Utama kepada media Selasa (9/6/2020) di sela sela kegiatan penanaman pohon dan susur Sungai.

Mengawali tujuan yang besar itulah, BWS Sumatera V menggelar kegiatan susur sungai, penebaran 10 ribu bibit ikan, serta penanaman 100 bibit pohon durian dengan menghadirkan Wakil Gubernur Sumbar, Walikota Padang, Unsur Forkopimda se Sumbar, agar. bisa melihat langsung potensi yang ada.

Pasalnya, Hutan Malvinas seluas 24 hektar ini sebut Maryadi sayang sekali jika tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Padahal jika dikelola dengan baik, akan menjadi daerah ekonomi baru bagi masyarakat Kota Padang khususnya disekitar

“Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mendorong masyarakat berinisiatif serta mengoptimalkan potensi sungai sehingga menghasilkan nilai ekonomis untuk masyarakat itu sendiri,”ujarnya.

Seayun selangkah dengan rencana pengembangan yang akan dilakukan BWS Sumatera V, Pemerintah kota Padang juga sudah membuat perencanaan kawasan pulau malvinas. Tinggal lagi menunggu penyempurnaan, sehingga kawasan malvinas dijadikan kawasan wisata. 

“Tempat ini bagus kiranya untuk kawasan wedding, serta kegiatan lainnya,”Kata Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Mahyeldi juga mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera V untuk melaksanakan suatu kegiatan Sekolah sungai dan susur sungai di kawasan hutan pulau Malvinas. 

Kegiatan yang dilaksanakan BWS Sumatera V kali ini sangat tepat, melihat lokasinya sangat strategis hutannya sangat lebat, rimbun, asri udaranya sejuk.

“Sungai salah satu sumber air permukaan yang bernilai, penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu kita perlu mendukung pemanfaatan dan pelestarian sungai. Melalui kegiatan sekolah sungai dan susur sungai dapat mendorong serta mengoptimalkan potensi yang ada dikawasan sungai Batang Kuranji Batang Belimbing di Kecamatan Nanggalo, sebut  Mahyeldi.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, sungai yang ada di Sumatera Barat masih banyak yang terawat. Sungai sumber mata pencarian masyarakat. Maka oleh sebab itu mari kita jaga kelestarian sungai.

Upaya mempertahankan keberadaan dan keberlanjutan pemanfaatan sungai perlu di jaga kelestariannya. Ini merupakan salah satu amanat pokok undang-undang nomor 17 tahun 2019 tentang sumber daya air. Upaya tersebut mewujudkan kegiatan operasi pemeliharaan sungai.(*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.