Take a fresh look at your lifestyle.

Di Usia Lebih 1 Abad, PT Semen Padang Melayani Pelanggan dengan Hati

1.158

PADANG, – PT Semen Padang kini berusia 110 tahun, terus berusaha memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan dan para stakeholdersnya. Memberikan pelayanan dengan hati, sudah menjadi komitmen bagi perusahaan semen pertama di Indonesia itu.

“Alhamdulilah Semen Padang selama ini telah memberikan layanan bagus dan menarik kepada kami sebagai distributor Semen Padang selama ini,” kata Susi Fitriani, Pimpinan PT Zetka Niagatama salah satu distributor PT Semen Padang.

Dia mengatakan, informasi dan perkembangan pelanggan di Semen Padang cukup update dan baik. Semen Padang juga sangat baik dalam menjaga hubungan dengan pelanggan bagus.

Salah satu enggagement yang dilakukan Semen Padang dengan pelanggan adalah dengan memberikan reward setiap tahunnya.

“Reward terhadap toko/pelanggan ada setiap tahun dan berbeda-beda bentuknya, ada umroh, traveling dalam dan luar negeri, dan tahun ini berbentuk pilihan ada berupa barang, emas, mobil dan traveling,” kata Susi yang mengaku telah menjadi distributor Semen Padang sejak tahun 1986 dan telah bermitra dengan Semen Padang sejak tahun 1971.

Berkat hubungan pelanggan yang baik yang dibangun Semen Padang, kata Susi melanjutkan, perusahaannya selalu mencapai target penjualan yang ditetapkan. “Target ditentukan oleh Semen Padang, dan bervariasi setiap bulannya. Dan selalu meningkat,” ujarnya.

Senada dengan Susi, Komisaris Utama PT RIS Investindo Sarana, Desnita Alexandra menilai layanan PT Semen Padang sudah baik. “Alhamdulillah, layanan PT Semen Padang baik dan profesional. Semoga PT Semen Padang semakin jaya,” kata distributor semen yang sudah bermitra dengan PT Semen Padang selama 40 tahun.

Untuk mengikat hubungan dengan pelanggan, kata dia, PT Semen Padang memberikan reward kepada distributor dan agen yang menjual Semen Padang. Salah satunya, dengan membawa tour ke luar negeri.

“Kami selalu diperhatikan agar bisa mencapai target. Apabila ada kendala cepat dicarikan solusi. Sekarang semua sudah tersistim dan rapi,” terangnya.

Hal yang sama juga disampaikan Managing Director PT Wadah Suci, Emy Rinaldi. Distributor Semen Padang di wilayah Aceh itu mengatakan sudah lima tahun menjasi distributor Semen Padang di Aceh. Selama menjadi distributor, pihaknya sudah mendapatkan reward berupa tour hingga ke Eropa Timur.

“Tahun 2019 kami dapat reward tour ke Turki hingga ke Rusia. Kemudian 2018, juga dapat tour ke Jepang. Reward tour tidak hanya kepada distributor, tapi juga ke pelanggan kami yang ada di toko-toko bangunan. Sebagai distributor, kami puas dengan pelayanan dari Semen Padang, karena di samping memberikan reward, kami juga dibantu mempromosikan semen ke konsumen,” katanya.

Bahkan berkat bantuan promosi tersebut, kata Emy, penjualan PT Wadah Suci terus meningkat dari tahun ke tahun. Seperti di tahun 2018 misalnya, PT Wadah Suci berhasil membukukan penjualan semen hingga 150 ribu ton. “Kemudian di tahun 2019, penjualan meningkat menjadi 185 ribu ton. Dan tentunya, ini juga berkat dukungan dari tim pemasaran Semen Padang,” ujarnya.

Emy juga menuturkan alasan pihaknya menjadi distributor Semen Padang, meskipun saat ini perkembangan industri semen di Indonesia terus meningkat dan semakin bersaing di pasaran. Pertama, sebut Emy, karena PT Wadah Suci juga merupakan pengembang properti yang tentunya bergantung kepada bahan bangunan berupa semen.

Untuk mengembangkan bisnis property yang bergantung kepada kebutuhan semen, pihaknya kemudian mengembangkan bisnis PT Wadah Suci ke distributor semen. PT Semen Padang menjadi pilihan, karena pendistribusian semen cukup cepat dan PT Semen Padang sendiri memiliki kapasitas produksi yang besar dibandingkan semen merek lain yang ada di Aceh.

“Stoknya banyak dan pendistribusiannya lancar. Jadi bagi kami, keterjaminan ketersediaan stok inilah menjadi pilihan untama kami memilih menjadi distributor Semen Padang, di luar harga yang bersaing. Dan sebagai diatributor, kami puas dengan pelayanan yang diberikan oleh PT Semen Padang,” ungkap Emy.

“Kami puas, karena kualitas Semen Padang di mata konsumen, premium class dan ini sudah kami buktikan pada uji mutu atau kuat tekan. Dan dalam sejauh pengujian kami, Semen Padang lebih bagus dibandingkan semen merek lain,” imbuhnya.

PT Roda Usaha Sukses Gemilang Rusli Yanto yang merupakan distributor PT Semen Padang di wilayah Riau daratan, juga mengaku puas dengan pelayanan dari PT Semen Padang. “Saya pemain baru. Dan sebagai pemula, kesan yang saya dapatkan sangat luar biasa. Intinya, saya puas atas pelayanan yang diberikan Semen Padang,” katanya.

Rusli mengatakan mengungkapkan, saat ini banyak kompetitor Semen Padang di Riau daratan. Harganya pun sangat kompetitif.
Salah seorang pemilik toko di Padang Irfan, mengaku layanan Semen Padang selama ini sudah sangat bagus. “Jika ada masukan kita tentang kualitas layanan dengan cepat direspons,” kata pemilik toko Nanda Makmur yang beralamat di Simpang Pegambiran itu.

Dia mengaku selama ini banya mendapat tawaran dari pesaing untuk menjual produk, namun ditolak karena sudah memiliki ikatan dengan Semen Padang.”Saya loyal pada Semen Padang, meski pesaing menawarkan produk dengan harga yang lebih murah dan margin yang lebih besar,” kata Irfan.
Produk Kuat

Menurut tukang di Padang bernama Cap (65), produk semen memiliki kualitas yang bagus, mudah dalam pengerjaan dan cepat kering.“Saya sudah puluhan tahun memakai produk semen padang, produknya kuat,” kata Cap yang tinggal di Dadok Tunggul Hitam. (*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.