Take a fresh look at your lifestyle.

Dukung OASE Kabinet Kerja, Kementerian PUPR Bangun Fasilitas Cuci Tangan Untuk Sekolah TK

612

 

Dharmasraya – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dukung penuh program Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Menteri Kabinet Kerja.

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan yakni dengan memfasilitasi pembangunan tempat cuci tangan untuk sekolah Taman Kanak-kanak (TK) pada 13 provinsi se Indonesia.

Program yang dilaksanakan oleh Ditjen Cipta Karya ini pertama kali dilaksanakan di Sumatera Barat. Taman TK Pembina Sarilamak di 50 Kota serta TK Putra I Kabupaten Dharmasraya menjadi tempat percontohan pembangunan sarana air bersih tersebut.

Ibu Kartika Basuki Hadimuljono Sedang Mempraktekan Enam Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun Air Mengalir

Anggota OASE Kabinet Kerja Ibu Kartika Nurani Basuki (Kementerian PUPR), Ibu Gusti Ayu Bintang Puspayoga (Kementerian UMKM dan Koperasi), Ibu Kusni Harningsih Moeldoko ( Kepala Staf Kepresidenan), Sri Mega Darimi Sandjojo (Kementerian Desa dan PDT) tinjau langsung TK Pembina Sarilamak 50 Kota pada Selasa 5 Maret.

Sementara TK Putra I Kabupaten Dharmasraya dikunjungi oleh Ibu Ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian PUPR terdiri dari Ibu Erna Danis Sumadilaga, Ibu Yusdiana Khalawi Abdul Hamid , Ibu Hamidawati Hari Suprayogi dan Ibu Irawati Sugiyartanto pada Rabu 13 Maret.

Anggota OASE Kabinet Kerja Ibu Kartika Basuki Hadimuljono pada kesempatan tersebut mengungkapkan, pembangunan fasilitas tempat cuci tangan ini merupakan salah satu program OASE bidang Kesehatan Keluarga.

Tujuannya adalah memberikan edukasi kepada anak usia sekolah dasar tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan melalui enam langkah cuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir. Mengenalkan pola makan sehat kepada anak-anak dan mengelola sampah dengan benar.

 

Kegiatan OASE ini memiliki korelasi yang erat dengan program penyediaan air minum dan sektor penyehatan lingkungan permukiman yaitu untuk mencapai taraf kesehatan yang baik.

“Apabila kebiasaan masyarakatnya sendiri masih rendah tentu saja tujuan tersebut tidak akan tercapai. Oleh karena itu dibutuhkan edukasi terhadap masyarakat untuk berprilaku hidup sehat seperti apa yang diprogramkan oleh OASE,”tutur Ibu Kartika

Ditempat terpisah Ketua DWP Kementerian PUPR Erna Danis Sumadilaga menyampaikan, DWP Kementerian PUPR berkunjung ke Dharmasraya guna menjalankan program OASE Kabinet Kerja Tahun 2019.

Program yang telah bergulir ini hendaknya dikenalkan kepada anak-anak dengan berkesinambungan dan dibiasakan sejak dini, sehingga muncul dampak positif terbangunnya sebuah kepedulian dalam meningkatkan kondisi kesehatan keluarga.

Sementara untuk fasilitas yang telah dibangun bisa dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik baiknya, sehingga menjadi contoh bagi lingkungan sekitar.

Ikut mendampingi Ibu-ibu OASE Kabinet Kerja dan Ibu-ibu DWP Kementerian PUPR Ibu Juarsih Maryadi Utama, Ibu Lies Rosita Aidil Fiqri, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V Maryadi Utama, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang Aidil Fiqri. (ridho)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.