Take a fresh look at your lifestyle.

Euro 2020 : Inggris, Apakah Kini Gilirannya?

624

 

_Oleh : Nofrialdi Nofi Sastera – Wartawan Utama_

Tahu nggak, dari 4 Tim yang tersisa sampai saat ini, justru ada satu tim besar yang belum pernah menjadi juara Piala Eropa. Tim itu adalah Inggris yang sudah lolos ke semifinal, sama dengan Italia, Spanyol dan Denmark.

Padahal dari sisi nama besar, Inggris punya catatan mentereng. Negara pelahir sepakbola ini anehnya justru belum pernah juara Piala Eropa. Padahal negara yang terkenal dengan gaya “hit and run” itu di Piala Dunia juga sudah pernah juara di tahun 1966. Tapi anehnya, justru Piala Eropa belum pernah mereka rebut.

Beda dengan tiga tim semifinalis lainnya. Spanyol sudah tiga kali juara Piala Eropa yakni tahun 1964, 2008 dan 2012. Denmark juga sudah pernah. Tim Dinamit itu justru membuat kejutan di tahun 1992 saat menjadi juara meski ikut Piala Eropa hanya dengan status Tim Pengganti Yugoslavia.

Tim Italia, juara empat kali Piala Dunia itu juga sudah pernah juara Piala Eropa tahun 1968. Liga Italia, adalah salah satu liga yang paling ditunggu dan paling banyak diplototi masyarakat sepakbola dunia. Italia yang sempat dikenal dengan sistem cattenacio-nya, pasti juga punya ambisi khusus untuk juara tahun ini.

Lantas dengan kalkulasi belum pernah juara itu bisakah Inggris disebut sebagai yang paling punya peluang jadi juara tahun ini. Pasti tidak. Spanyol yang hampir terjungkal oleh Swiss, pasti takkan pernah mau melepaskan gelar juara itu begitu saja.

Begitu pula Denmark sang juara Piala Eropa 1992. Tim Dinamit itu, tahun ini juga punya ambisi besar untuk jadi juara. Italia jangan disebut lagi. Mereka juga punya hasil-hasil bagus sebelum maju ke semifinal.

Lalu, siapakah yang akan keluar sebagai juara?

Di atas kertas, dengan hitungan babak semifinal dan final berlangsung di Stadion Wembley, rasanya Inggris punya peluang sedikit lebih baik. Kebangetan rasanya bila Inggris tak mampu memanfaatkan peluang sebagai tuan rumah bila mereka gagal jadi juara tahun ini.

Benar bahwa ada banyak idiom di sepakbola, misalnya bola itu bundar, dan lain sebagainya. Namun alangkah aneh dan memalukannya bila Inggris tidak juara di kandang sendiri.

Benar, calon lawan Inggris di final adalah antara Italia atau Spanyol yang notabene tim besar dan sama-sama sudah pernah jadi juara Piala Dunia. Tapi bila.melihat catatan, belum pernah juara Piala Eropa, maka Inggris sangat ambisius untuk juara Piala Eropa tahun ini.

Tapi sekali lagi, hitungan di atas kertas sudah tak menjamin lagi. Bila tim sekelas Perancis, Belanda dan Portugal saja bisa tercampak dan gagal ke semifinal, itu justru menunjukkan bahwa Piala Eropa tahun ini sebagai iven yang penuh kejutan dan membuat banyak pengamat kecewa..

Kembali soal juara Piala Eropa tahun ini, mungkin lebih baik kita tunggu dulu hasil semifinal 7-8 Juli nanti. Meski belum pernah juara Piala Eropa, bukan tak mungkin bila Inggris justru disingkirkan Denmark di semifinal

Ya sudahlah. Tunggu sajalah hasil semifinal itu dulu. Apakah masih akan ada kejutan? Bisa saja..

JUARA-JUARA PIALA EROPA

1960 – Uni Sovyet
1964 – Spanyol
1968 – Italia
1972 – Jerman
1976 – Cekoslowakia
1980 – Jerman
1984 – Perancis
1988 – Belanda
1992 – Denmark
1996 – Jerman
2000 – Perancis
2004 – Yunani
2008 – Spanyol
2012 – Spanyol
2016 – Portugal

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.