Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Dia Tiga Petahana Tumbang Sebelum Masuk Gelanggang Pilkada 2020 se Sumbar

11.398

Predikat Sebagai Patahana “Tergerajai” Tak Dapat Partai di Pilkada 2020 Sumbar bakal melekat pada tiga bakal calon Irfendi Arbi Bupati 50 Kota, Atos Pratama Bupati Pasaman dan Amrizal Dt Rajo Medan Wakil Bupati Dharmasraya

Padang – Konstelasi Pemilihan Kepala Dserah (Pilkada) 2020 memasuki fase pendaftaran bakal calon di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Semua pasangan bakal calon yang maju di 12 kabupaten kota serta pemilihan gubernur wakil gubernur sudah ada yang mendaftar, maupun ancang-ancang bakal mendaftar.

Namun, disisi lain ada bakal calon yang bakal meratapi nasib tidak bisa maju pada edisi Pilkada kali ini, meski berstatus incumbent, karena tak mendapat “tumpangan kapal” partai politik yang akan mengusung mereka, sesuai persyaratan yang telah ditetapkan masing masing daerah.

Hingga detik ini, diprediksi ada tiga daerah calon petahana bakal mengubur mimpi untuk memimpin daerah yang mereka cintai. Ketiganya adalah Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Pasaman.

Seperti Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi yang selama ini digadang-gadang memiliki peluang terbesar untuk memimpin periode kedua, justru tertatih tatih tak dapat partai pengusung.

Partai PDIP yang jadi pengusung Irfendi Arbi diperiode pertama kepemimpinannya, justru tak dapat kawan dan tak cukup syarat mengantarkan sosok fenomenal di nagari luhak nan tangan itu untuk mengikuti kontestasi.

Ketika harapan terakhir ada di tangan PKS, lantaran partai lain sudah mengusung jagoannya, ternyata dimenit-menit akhir justru memberikan dukungan kepada pasangan Safaruddin Dt Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri atau Safari (Safar-Rizki).

Di Kabupaten Pasaman, tampaknya pasangan Benny Utama SH MM – Sabar AS. S.Ag yang didukung PKS, Golkar,  Demokrat,  PAN,  PPP,  PDI Perjuangan,  PKB,  Nasdem, tampaknya akan bertarung dengan “Kotak Kosong” pada saat pemilihan nanti.

Atos Pratama Bupati Pasaman petahana yang digadang gadang bakal mulus melangkah untuk periode kedua, justru “tergerajai” tak dapat partai.

Kendati demikian, Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama menyatakan legowo, karena tak bisa maju dalam Pilkada Kabupaten Pasaman tahun 2020.

Atos Pratama juga menyampaikan permohonan maafnya atas gagalnya mencari dukungan Partai Politik dalam Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pasaman 2020, karena dukungan dari Partai Politik tidak mencukupi.

Dia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Pasaman yang sudah menaruh harapan serta dukungan, sembari mengingatkan para pendukungnya jangan sampai nanti tidak menyalurkan Aspirasinya pada Pilkada nanti.

Satu lagi petahana yang tumbang sebelum masuk gelanggang adalah Amrizal Dt Rajo Medan Wakil Bupati Dharmasraya. Ia yang semula dijagokan maju bersama H Herman tak dapat kereta jelang mulai Pilkada.

Pesaing terdekat yakni Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan justru sudah memantapkan diri untuk maju bersama Dasril Panin Dt Labuan didukung tujuh partai politik. Bupati muda incumbent itu bakal menghadapi tantangan Panji Mursyidan dan Yosrizal yang diusung Gerindra, PAN, Nasdem,PKS dan Berkarya.

Irdinansyah Tarmizi Bupati Tanah Datar

Sebenarnya berdasarkan catatan majalahhintrust.com, ada satu lagi incumbent yang gagal maju, yakni Irdinansyah Tarmizi Bupati Tanah Datar. Tapi kader Golkar itu sejak awal sudah tak berniat lagi mempertahankan singgasana yang sudah didapatkan periode lalu, dikarenakan alasan kesehatan yang menerpa dirinya.

”Keputusan ini setelah memperhatikan kondisi saya selama 6 bulan kedepan. Walaupun masih banyak dari kalangan tokoh masyarakat yang menginginkan saya maju, namun ini sudah menjadi musyawarah bersama keluarga. Keputusan itu juga sudah saya sampaikan kepada bakal calon wakil bupati yang mendampingi saya yakni Richi Aprian termasuk juga kepada beberapa pimpinan partai politik,” ungkap Irdinansyah beberapa baru baru ini.(*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.