Take a fresh look at your lifestyle.

Inilah Spesifikasi Pasar Atas Bukittinggi Terbaru

1.313

Bukittinggi – Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sumbar Ir Syafriyanti mengucapkan rasa syukur mendalam telah selesainya pembangunan dengan sistem multi years dari tahun 2018-2019 dan sudah dilaksanakannya peresmian pemakaian Pasar Atas Bukittinggi pada hari ini.

“Alhandulillah sudah diresmikan oleh Pak Wakil Menteri PUPR. Semoga bisa dimanfaatkan dan dijaga dengan baik oleh masyarakat Bukittinggi,” Kata Syafriyanti usai peresmian Pasar Atas Bukitinggi, Kamis (18/6).

Untuk kontruksinya Syafriyanti merinci, pembangunan pasar Atas Bukittinggi menggunakan konsep green building. Konsep pasar seperti ini merupakan contoh pasar percontohan di Indonesia yang dibangun Kementerian PUPR. Sebab Pasar Atas Bukittinggi yang paling pertama dan terbesar dibangun menggunakan konsep dimaksud.

Disebut Green Building, karena bangunan Pasar Atas Bukittinggi memiliki standar khusus dalam hal keselamatan, kenyamanan, kesehatan, dan kemudahan. Dalam hal keselamatan, bangunan memiliki proteksi kebakaran yang canggih dan konon mampu menahan guncangan gempa hingga 10 Skala Richter (SR).

Dalam hal kenyamanan pun juga diperhatikan betul oleh kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya, dengan membuat food court dan food garden yang berada di lantai atas, yang memiliki latar belakang lansekap Jam Gadang Bukittinggi, pemandangan indah Gunung Merapi dan Gunung Singgalang, serta menyediakan ruang bermain untuk anak-anak.

Dalam hal kesehatan bagi pengunjung pun juga tak ketinggalan. Bangunan Pasar Atas Bukittinggi memiliki resapan air memadai mencegah air tergenang serta meminimalisir banjir, pengelolaan sampah dengan benar, dan sirkulasi udara ditata sedemikian rupa. Khusus kemudahan juga menjadi perhatian penting, agar semua pengunjung serta kaum difabel dapat memanfaatkan fasilitas yang ada. Seperti membuat area parkir dan lift untuk kaum difabel, semua rambu-rambu menggunakan huruf braille, serta kapasitas parkir kendaraan yang besar.

“Bangunan juga dirancang hemat energi, gedung ini memiliki solar cell, dimana energi lampu diambil dari sinar matahari. Jika hari siang, otomatis lampu menjadi padam. Disamping itu juga pasar dikonsep untuk efisiensi dalam pemakaian air tanah,”rincinya.

Wanita yang akrab disapa Bundo ini menambahkan, Pasar Atas Bukittinggi memiliki luas bangunan 39.789 m yang nantinya akan menampung 835 kios dan 24 foodcourt. Pasar Atas Bukittinggi akan dibangun dengan empat lantai, terdiri dari lantai basement untuk parkir kendaraan dengan kapasitas 300 unit kendaraan, lantai satu sampai tiga diperuntukkan untuk pertokoan, serta lantai empat digunakan untuk foodcourt, food garden, serta taman bermain anak.(*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.