Take a fresh look at your lifestyle.

Jalan-Jalan Melihat Pembangunan Infrastruktur PUPR di Sultra : Jembatan Teluk Kendari, Bendungan Ladongi dan Kebun Raya Kendari

302

Jakarta – Kendari merupakan ibukota dari provinsi Sulawesi Tenggara yang memiliki luas 296 km persegi dan memiliki populasi terbanyak keempat di Sulawesi setelah Makassar, Manado dan Palu. Kendari punya potensi wisata yang sangat besar. Berbagai keindahan alam menarik ditawarkan oleh kota ini baik sepanjang laut maupun daratannya.

Potensi wisata Kendari juga kini telah didukung dengan infrastruktur yang baik. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan proyek-proyek infrastruktur yang berlokasi di provinsi tersebut. Di antaranya, pembangunan Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1,34 Km di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Selain Jembatan Teluk Kendari, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan penataan kawasan Kebun Raya Kendari.

“Sektor pariwisata sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Kita memiliki keindahan alam dan ragam budaya yang begitu kaya dan tidak dimiliki banyak negara lain di dunia,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Dengan fasilitas yang disediakan cukup mumpuni, Kebun Raya Kendari memiliki fungsi konservasi tumbuhan, penelitian dan layak menjadi tujuan wisata edukasi.
“Pengembangan kebun raya di bawah koordinasi LIPI, sementara Kementerian PUPR memberikan dukungan infrastruktur,” ujar Menteri Basuki.

Kemudian dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Sulawesi Utara, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) IV Kendari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air membangun 3 bendungan di Sulawesi Tenggara. Salah satunya adalah Bendungan Ladongi yang berada di Kabupaten Kolaka Timur. Bendungan Ladongi memiliki kapasitas tampung 45,9 juta meter kubik dan luas genangan 185,5 hektare. Bendungan ini akan menyuplai air bagi daerah irigasi seluas 4.604 hektare di Kabupaten Kolaka Timur.

Untuk mengetahui potensi wisata di Sulawesi Tenggara selengkapnya, saksikan cerita perjalanan menyusuri Kendari di tayangan Jalan-Jalan yang disiarkan Kompas TV pada Minggu, 30 Juni 2019 pukul 10.30 WIB.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.