Take a fresh look at your lifestyle.

Kopkar Tirta Kuranji Perumda Air Minum Kota Padang : Satu-satunya Koperasi di Padang Mencatatkan Kenaikan SHU Ditengah Pandemi Covid 19

622

 

Padang – Masa Pandemi Covid 19 yang sudah berjalan satu tahun lebih, tak membuat Koperasi Karyawan (Kopkar) Tirta Kuranji Perumda Air Minum Kota Padang loyo. Di saat koperasi lain jatuh bangun untuk bertahan hidup dari ganasnya dampak virus tersebut, koperasi ini malah survive dengan baik.

Bukti nyata, Kopkar Tirta Kuranji berhasil mencatatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) dengan gemilang, dimana mengalami kenaikan sebesar 23,5 persen. Hasil positif inipun diumumkan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dilaksanakan pada 30 Maret lampau.

Ini menjadi bukti bahwa pengurus koperasi benar – benar serius dalam menjalankan roda organisasi, berbekal dedikasi tiada henti, untuk kesejahteraan anggota. Mereka pun tidak menyia-nyiakan kepercayaan yang telah diberikan oleh anggota koperasi maupun pembina koperasi.

Pembina Koperasi Kopkar Tirta Kuranji Hendra Pebrizal
Ketua Kopkar Tirta Kuranji 2017-2020 Hendri Darmawi

Ketua Kopkar Tirta Kuranji Perumda Air Minum Kota Padang periode 2020-2023 Hendri Darmawi mengaku sangat mensyukuri pencapaian yang baik tersebut. Ia tak menyangka koperasi yang dahulu nya hampir  gulung tikar sebelum tahun 2016, bisa bangkit  kembali dan membukukan SHU yang cukup besar.

Hendri Darmawi mengenang kembali kebangkitan koperasi yang diamanahkan kepadanya. Mulanya koperasi tersebut dibenahi pada masa Suloko menjabat Direktur Utama dengan Hendra Pebrizal sebagai Ketua Koperasi masa bakti 2014-2017.

“Saat Pak Suloko sebagai Dirut dan Pak Hendra Pebrizal sebagai Ketua Koperasi, perlahan tapi pasti koperasi mulai mengalami kebangkitan. Karena banyak sekali PR yang mesti dibenahi, maka tiga tahun kemudian baru bisa mencatatkan SHU. Dahulu medio 2014 kebawah, koperasi ini tak begitu  dilirik anggota. Bahkan saat RAT, hanya dihadiri paling banyak 5 anggota saja,”tuturnya.

Tahun 2017 beber Hendri Darmawi, Kopkar Tirta Kuranji mencatatkan SHU tak kurang dari angka ratusan ribu Rupiah. Pada saat itu, satu orang anggota mendapatkan SHU hanya Rp 2500 hingga Rp 4000 saja. Pada tahun 2018 sudah mulai mencatatkan SHU pada angka jutaan Rupiah, tahun 2019 SHU sudah mulai mencapai Ratusan Juta Rupiah.

“Di tahun 2020 alhamdulillah SHU kita mencapai Rp 1,2 miliar dan tahun 2021 SHU kita mencapai Rp 2 miliar. Yang lebih membuat kita bersyukur, saat ini koperasi mulai digandrungi anggota,”ucap Hendri Darmawi.

Berjalannya kembali roda koperasi ini sebut Hendri, berkat perhatian penuh dari Dewan  Pembina, yang menginginkan agar koperasi tetap eksis dan berjalan sesuai dengan harapan bersama. Disamping itu juga hal ini terwujud berkat kerjasama seluruh anggota dalam hal kedisiplinan membayar simpanan pokok dan sukarela, serta disiplin dalam membayar pinjaman koperasi.

“Alhamdulillah sejak tiga tahun lalu dimanahkan memimpin koperasi ini, tercatat sebanyak 504 orang anggota koperasi telah bergabung. SHU pun juga terus meningkat, malah disaat Pandemi tak mempengaruhi SHU. Pencatatan administrasi berjalan dengan lancar dan disusun dengan rapi,”ucapnya penuh syukur.

Dalam tahun ini juga ucap Hendri, Kopkar Tirta Kuranji bersiap melaunching aplikasi pencatatan meteran pelanggan secara mandiri, yang akan diberikan ke Perumda AM Kota Padang untuk dimanfaatkan kepada seluruh pelanggan.

“Tidak hanya mengelola keuangan anggota, namun Kopkar Tirta Kuranji juga membuat terobosan. Salah satu contohnya kita membuat pencatatan meteran pelanggan. Insya Allah tahun ini kita launching,”ungkapnya.

Berkat hasil gemilang yang dicapai Kopkar Tirta Kuranji, berbagai apresiasi pun diucapkan kepada pengurus koperasi. Pembina Kopkar Tirta Kuranji yang juga sebagai Direktur Utama Perumda AM Kota Padang Hendra Pebrizal mengucapkan bangga atas hasil yang didapat.

“Kami selaku pengawas berharap, Kopkar Tirta Kuranji kedepan mampu maju dan berkembang untuk bisa memberikan pemanfaatan bagi kesejahteraan seluruh anggotanya. Kemajuan koperasi tidak lepas dari partisipasi seluruh anggota serta kerja solid dari pengurus,”tegas Hendra dengan rasa bangga.(reri)

Tinggalkan pesanan