Take a fresh look at your lifestyle.

Korem 032/Wbr Gelar Latgubencal

645

PADANG – Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sering merasakan getaran gempa bumi dan memiliki resiko terhadap ancaman gempa dengan diikuti gelombang tsunami yang melanda disepanjang pesisir barat Sumbar dan Kepulauan Mentawai.

Menyikapi hal tersebut, Korem 032/Wbr selaku Satuan Komando Kewilayahan menyelenggarakan dan melaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam (LatgubencaL) dan penanganan pengungsi, penanganan korban, kesehatan, membantu kelancaran distribusi bahan bantuan makanan, minuman dan obat-obatan. Demikian juga menyiapkan satuan, personel, materiil, logistik dan alutsista jajarannya untuk siap digerakkan di daerah bencana.

Pelaksanaan Latgubencal ini dibuka langsung oleh Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada, SE, MM., diwakili Kasiops Kasrem Kolonel Inf Ruddy Trenggono bertempat di Aula Sapta Marga Jl. Jend. Sudirman No. 29 Padang, pada Senin (24/8).

Pada kegiatan tersebut, Latgubencal Korem 032/Wirabraja Tahun 2020 ini yaitu “Melalui Latihan Penanggulangan Bencana Alam, Korem 032/Wbr Siap Melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Di Wilayah Korem 032/Wbr Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok Kodam I/BB.

Sebanyak 190 orang personel Korem 032/Wbr dilibatkan dalam mengikuti Latgubencal tersebut, dimana pelaksanaannya berlangsung selama 5 hari dimulai dari tanggal 24 hingga 28 Agustus 2020. Kegiatan ini nantinya akan menggunakan dua lokasi tempat digelarnya latihan simulasi yakni di Pantai Purus dan di Lapangan Bola Cengkeh Padang.

Pada kesempatan tersebut, Kasiops Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Ruddy Trenggono yang membacakan sambutan Danrem 032/Wbr menyampaikan, latihan penanggulangan bencana ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para prajurit Korem 032/Wbr.

” Dalam menangani penanggulangan bencana alam yang meliputi aspek komando pengendalian serta prosedur bantuan administrasi, evakuasi sebagai bagian dari satuan yang lebih besar dalam rangka pembinaan wilayah,” katanya.

Ia menambahkan, latihan ini juga dapat dijadikan sebagai ajang tolak ukur dan melatih kesiapan serta kemampuan prajurit Korem 032/Wbr dalam menghadapi berbagai bentuk permasalahan bencana alam yang mungkin timbul di wilayah korem 032/Wbr.

“Mengingat sangat pentingnya tujuan latihan ini, diharapkan kepada seluruh peserta latihan baik penyelenggara maupun pelaku dalam pelaksanaan latihan nantinya dapat mengikuti dengan baik dan sungguh-sungguh, benar-benar dipahami sehingga latihan yang kita selenggarakan ini dapat tercapai sesuai dengan maksud dan tujuan latihan, serta bisa dirasakan manfaatnya baik oleh personel Korem 032/Wbr maupun personel lainnya secara keseluruhan,” tegasnya.

Selain itu, Kasiops Kasrem 032/Wbr juga mengingatkan kepada seluruh personel Korem 032/Wbr yang terlibat, agar selama pelaksanaan latgubencal untuk tetap selalu melaksanakan protokol kesehatan penanganan Covid 19.

“Tetap selalu terapkan protokol kesehatan, berhubung sampai saat ini masih dalam situasi Covid 19,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pasiops Korem 032/Wbr Mayor Inf P.Simbolon, Kasi Datin BMKG Prov. Sumbar Ma’muri, Pembina (IV/a) BPBD Prov. Sumbar Indraveri, S.Sos, M.Kes., seluruh Pa, Ba, Ta yang terlibat pelaksanaan Gulbencal. (*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.