Take a fresh look at your lifestyle.

Mengejutkan, Mulyadi – Ali Mukhni Klaim Dapat Dukungan Tambahan dari Dua Partai Ini

3.032

Padang — Mengejutkan, pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Mulyadi – Ali Mukni mendapat dukungan tambahan dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai PDI Perjuangan, untuk bertarung di Pilgub 2020 yang bakal dihelat Desember mendatang.

Dengan didapatnya dukungan dua partai itu, kini dukungan kekuatan pasangan yang sebelumnya diusung Demokrat serta PAN berdasarkan kursi DPRD Sumbar sebanyak 26 kursi atau 40 persen dari 65 kursi DPRD Sumbar.

Rinciannya PAN memiliki kursi di DPRD Sumbar sebanyak 10 kursi, Partai Demokrat 10 kursi, PDI-P 3 kursi dan Partai Nasdem 3 kursi.

Kabar baru tentang dukungan PDIP dan Partai Nasdem kepada pasangan Mulyadi-Ali Mukhni disampaikan langsung oleh Ali Mukhni, Minggu (09/08/2020).

“Alhamdulillah Pak Mulyadi menerima langsung SK dukungan dari Sekjen PDI-P, Bapak Hasto Kristiyanto. Sedangkan dukungan dari Partai Nasdem langsung saya yang menerima kemarin dari Sekjen Partai Nasdem, Bapak Johnny G Plate,” Klaim Ali Mukhni dikutip daru media daring jernihnews.com.

Seperti diketahui, Pasangan bakal calon cagub-cawagub lainnya, Mahyeldi-Audy Joinaldi didukung oleh koalisi PKS (10 kursi) dan PPP (4 kursi) dengan total kekuatan 14 kursi. Pasangan bakal calon Nasrul Abit – Indra Catri didukung Gerindra juga dengan kekuatan 14 kursi.

Sedangkan bakal calon Cagub-Cawagub Sumbar dari jalur perseorangan Fakhrizal-Genus Umar masih berjibaku menghadapi verifikasi faktual KPU.

Berkemungkinan untuk lolos verifikasi faktual masih berat. Karena itu, sudah cukup santer pasangan ini mencari jalur alternatif dari parpol, yang komposisi kursi yang tersedia berdasarkan perkembangan terakhir juga hanya tinggal 11 kursi lagi. Sedangkan syarat minimalnya adalah parpol atau koalisi harus memiliki 20 persen atau 13 kursi di DPRD Sumbar.

Dengan perkembangan peta politik terbaru ini, maka jumlah pasangan cagub-cawagub yang akan bertarung di Pilkada Sumbar 9 Desember 2020 hanya 3 pasangan kandidat, yakni Mulyadi-Ali Mukhni, Mahyeldi-Audy Joinaldi dan Nasrul Abit-Indra Catri.(*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.