Take a fresh look at your lifestyle.

Padang Siap Sukseskan MTQ Nasional ke XXVIII Tahun 2020

976

PADANG – Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menghadiri launching Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVIII Tahun 2020, di Hotel Grand Inna Muara Padang, Selasa (28/7/2020).

Sebagaimana diketahui, Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menjadi tuan rumah pada pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVIII Tahun 2020 ini.

MTQ Nasional ke XXVIII Tahun 2020 ini di launching oleh Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi secara virtual di Jakarta, yang diikuti para Gubernur, Kanwil Kementrian Agama dan DPR seluruh Indonesia.

Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang menyatakan siap untuk menyukseskan pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional ke XXVIII Tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Sumatera Barat tersebut.

“Ini merupakan agenda Nasional yang dilaksanakan di Sumatera Barat dan salah satu lokasinya berada di Kota Padang. Kita mendukung dan siap untuk menyukseskan ajang bergengsi ini,” ujar Mahyeldi kepada wartawan usai mengikuti kegiatan tersebut.

Mahyeldi menambahkan, Pemerintah Kota Padang telah menyiapkan segala sesuatu untuk menyukseskan lomba MTQ kali ini, diantaranya menyiapkan sarana dan prasarana sesuai standar protokol kesehatan Covid-19, melakukan rapat dengan Pemprov Sumbar dan melakukaan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Kita sekarang berada dalam suasana pandemi Covid-19. Maka protokol kesehatan menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan MTQ kali ini,” ungkapnya.

Mahyeldi berharap, pelaksanaan lomba MTQ Nasional ke XXVIII kali ini dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. “Kita optimis Sumbar dapat keluar sebagai pemenang dalam lomba MTQ Nasional yang dilaksanakan satu kali dalam dua tahun ini,” pungkas Wako mengakhiri.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan MTQ ke XXVIII ini merupakan penantian yang sangat panjang dan begitu lama bagi masyarakat Sumatera Barat. Dimana, pelaksanaan MTQ Nasional di Sumatera Barat sebelumnya dilaksanakan pada tahun 1983 atau sekitar 37 tahun silam.

“Ini penantian yang sangat panjang dan lama. Namun Alhamdulillah pelaksanaan MTQ Nasional kali ini dapat dilaksanakan di Sumatera Barat. Atas nama Pemprov Sumbar dan seluruh panitia yang diamanatkan akan berusaha untuk mensukseskan MTQ ini walaupun dalam masa Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Gubernur menambahkan, rangkaian perlombaan MTQ Nasional ke XXVIII akan dilaksanakan mulai 12 hingga 21 November 2020. Pembukaan akan dilaksanakan pada 14 November 2020 di Main Stadion Sumatera Barat, Kabupaten Padang Pariaman. Sementara perlombaan akan dimulai pada 15 hingga 19 November 2020.

“Kita rencanakan lomba MTQ ini akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” jelasnya.

Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi berharap, MTQ Nasional ke XXVIII tahun 2020 di Provinsi Sumatera Barat ini dapat mengangkat dan memajukan syiar islam yang rahmatanlil alamin.

“Oleh karena itu dukungan dan kerjasama untuk mensukseskan MTQ nasional ini harus melibatkan seluruh pihak terkait, mulai dari lembaga pemerintah, ormas islam, ulama, pengurus mesjid, tokoh masyarakat, tokoh adat, organisasi kepemudaan, sosial politik, media massa dan masyarakat luas,” pungkasnya.

Adapun lokasi perlombaan sepenuhnya akan dilaksanakan di Kota Padang yakni, Masjid Raya Sumatera Barat, Masjid Nurul Iman, Gedung Rohana Kudus, Masjid Al-Hakim Pantai Padang, Auditorium Universitas Baiturrahmah, Gor UNP, Auditorium UNP, Masjid AL-Mujahidin Pantai Padang, Gedung Serba Guna FMIPA UNP, Aula Mansur Dt. Nagari Basa UIN IB Padang, Gedung Serba Guna Kampus UIN IB Padang dan Auditorium Unand.

Adapun Tema MTQ NAsional ke XXVIII Tahun 2020 ini yakini “Dengan MTQ Nasional Kita Wujudkan SDM Yang Unggul, Profesional dan Qur’ani Menuju Indonesia Maju”. Hadir mendampingi Wali Kota Padang, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Amriman, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis (*).

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.