Take a fresh look at your lifestyle.

Pembangunan Ruas Jalan Nipah – Teluk Bayur dan Purus – BIM Terus Dilanjutkan

266

Padang – Pengerjaan kelanjutan pengaspalan Jalan Nipah-Teluk Bayur tahun ini dilakukan sepanjang 1,4 km. Anggaran yang dialokasikan untuk pengaspalan tersebut senilai Rp7,9 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sumbar, Dedi Rinaldi mengatakan, saat ini, kelanjutan Jalan Nipah-Teluk Bayur sudah mulai dikerjakan. Terlambatnya dimulai pengerjaan tahun ini disebabkan lambatnya proses tender karena antrean di Unit Layanan Pengadaan (ULP).

Dedi menambahkan, pengerjaan pengaspalan tahun ini dimulai dari batas akhir pengaspalan tahun lalu, hingga ke jalan beton menuju Batu Malin Kundang. “Ditargetkan akhir tahun ini, jalan sepanjang 1,4 km selesai diaspal,” ujar Dedi, Kamis (8/8).

Dedi menjelaskan, hingga saat ini, pengaspalan Jalan Nipah-Teluk Bayur sudah tuntas sepanjang 3,1 km. Pengaspalan itu dimulai dari arah Gunung Padang ke perempatan menuju Pantai Air Manis. Sedangkan, total panjang Jalan Nipah-Teluk Bayur yang akan dikerjakan yaitu 6,1 km hingga ke Lantamal.

Bila pengaspalan sepanjang 1,4 km tuntas tahun ini, masih ada 1,5 km jalan yang akan dikerjakan pada 2020. Saat ini, pihaknya sedang mengusulkan ke pusat untuk melanjutkan pembangunan Jalan Nipah-Teluk Bayur untuk tahun depan. “Penganggarannya melalui DAK,” ungkapnya.

Dedi menyebutkan, untuk menuntaskan pengerjaan Jalan Nipah-Teluk Bayur sepanjang 6,1 km, dibutuhkan anggaran senilai Rp60 miliar. Sedangkan, anggaran yang sudah dihabiskan untuk pembangunan jalan tersebut senilai Rp30 miliar.

Jalan Purus-BIM

Sementara itu, tahun ini, Pemprov Sumbar juga melanjutkan pembangunan ruas Jalan Purus-Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Pemprov mengalokasilan anggaran senilai Rp19,1 miliar di APBD 2019 untuk pembangunan tersebut.

Dedi mengatakan, kelanjutan Jalan Purus-BIM yaitu berupa pengerjaan jembatan sepanjang 60 meter dan jalan sepanjang 1 km. Hingga sekarang, jembatan sudah dibangun sepanjang 210 meter.

“Jembatan tersebut dibangun hingga ke simpang Transito. Untuk pembebasan lahan, dilakukan oleh Pemko Padang,” tandasnya.

Rencananya, Jalan Purus-BIM yang akan dibangun sepanjang 18 km. Sedangkan, anggaran yang dibutuhkan hingga ruas jalan itu tuntas sebesar Rp50 miliar.(*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.