Take a fresh look at your lifestyle.

Persembahan Kementerian PUPR Untuk Kampus Universitas Borneo Tarakan

631

Jakarta -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen untuk mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin melalui pembangunan infrastruktur pendidikan terutama untuk persiapan kegiatan belajar mengajar pada tatanan kehidupan baru (New Normal).

Yakni dengan membantu membangun tiga gedung Kampus Universitas Borneo Tarakan. Ketiganya adalah Lanjutan pembangunan Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan anggaran sebesar Rp. 27,4 Miliar. Gedung Laboratorium Teknik UBT dengan nilai Rp 8,8 miliar dan pembangunan lanjutan Gedung Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UBT dengan anggaran Rp 20 Milyar.

Sebelumnya Kementerian PUPR juga membantu pembangunan KDP Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Gedung Laboratorium Teknik telah selesai dilaksanakan pada tahun 2019 dengan total anggaran sebesar Rp. 36,2 Milyar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan fasilitas kampus merupakan bagian dari instruksi Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR untuk mempercepat pembangunan dan rehabilitasi 10.000 sekolah, madrasah, dan lanjutan KDP PTN/PTKIN di seluruh Indonesia.

“Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” katanya.

Direktur Prasarana Strategis, Iwan Suprijanto menyampaikan bahwa Kementerian PUPR sesuai amanat Perpres No.43 / 2019 juga menangani pembangunan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) PTN dan PTKIN.

Salah satunya adalah pembangunan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) 3 (tiga) Gedung Kampus Universitas Borneo Tarakan (UBT) yang berlokasi di Jalan Amal Lama Kota Tarakan.

Lanjutan pembangunan Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) kata Iwan meliputi, perbaikan pasangan dan plasteran, perbaikan lantai, perbaikan plafond, pekerjaan mekanikal elektrikal, pekerjaan pengecatan, pekerjaan sanitasi, pembangunan rumah pompa, pembangunan rumah genset, dan lansekap.

Selain itu, telah diselesaikan juga KDP Gedung Laboratorium Teknik UBT yang meliputi perbaikan dan pengecatan gedung, pembangunan rumah pompa, pembangunan rumah genset, dan lansekap.

Pada tahun 2020 ini kata Iwan, Kementerian PUPR juga melakukan pembangunan lanjutan Gedung Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UBT dengan anggaran Rp. 20 Milyar. Adapun progres konstruksi pembangunannya telah mencapai 52% dan ditargetkan selesai di bulan Oktober 2020.

Kepala BPPW Kalimantan Utara Dony Fitriandy menyampaikan, meskipun di tengah pandemi COVID – 19, para pekerja tetap semangat bekerja dengan mengikuti protokol K3 yang didukung prasarana kesehatan di lokasi proyek, seperti masker, alat cuci tangan, alat pengukur suhu (thermo gun) dan P3K.

”Semoga gedung FIKES dapat selesai sesuai yang kita harapkan, sehingga mahasiswa dan dosen nantinya dapat menggunakan gedung ini dengan nyaman dalam proses belajar mengajar,” terangnya. “Patut kita syukuri, proses pembangunan gedung ini telah menyerap sebanyak 105 tenaga kerja secara keseluruhan” tambahnya. (*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.