Take a fresh look at your lifestyle.

Semen Padang Semprot Disinfektan di 145 Titik Fasum di Ring 1

373

PADANG – Mengantisipasi penularan wabah Virus Corona atau COVID-19, PT Semen Padang selain melakukan kegiatan pencegahan di lingkungan internal, juga menyasar lingkungan eksternal. Untuk lingkungan eksternal PT Semen Padang penyemprotan disinfektan di 145 titik fasilitas umum di lingkungan Lubukkilangan selama tiga hari, 19 s.d. 21 Maret 2020.

“Penyemprotan disinfektan ini di 145 titik fasilitas umum berupa sekolah, masjid, musala, dan lain sebagainya. Lokasinya tersebar di seluruh kelurahan di Lubuk Kilangan,” Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar, Kamis (19/3/2020).

Bekerjasama dengan pihak Kelurahan dan Kecamatan Lubuk Kilangan, Pol PP Kota Padang serta Puskemas Lubuk Kilangan, penyemprotan bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi itu, dilakukan oleh relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang.

Kegiatan penyemprotan disinfektan itu dibuka oleh Camat Lubuk Kilangan Yalmasril, dan dihadiri oleh Kasat Pol PP Kota Padang Alfiadi, Staf Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Agung Joko Prasetyo, Kepala Bidang Bina Lingkungan CSR Semen Padang Masykur Rauf, dan seluruh Lurah se-Kecamatan Lubuk Kilangan.

M. Ikrar menjelaskan, bahwa penyemprotan disinfektan ini dilakukan, karena wabah COVID-19 terus meresahkan masyarakat dunia, meskipun di Kota Padang sendiri belum ada masyarakat yang dinyatakan positif. Kendati begitu, kata Ikrar, pencegahan wabah COVID-19 perlu dilakukan sejak dini.

“Selain menyemprotkan disinfektan, Semen Padang, juga mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dengan mengutamakan cuci tangan sesering mungkin. Sosialisasi itu disampaikan melalui spanduk yang dipasang di tempat-tempat keramaian,” ujarnya.

Camat Lubuk Kilangan Yalmasril, mengapresiasi PT Semen Padang yang telah mengirimkan relawan TRC Semen Padang untuk melakukan disinfektan fasilitas umum di seluruh Kelurahan se-Kecamatan Lubuk Kilangan, karena wabah COVID-19 telah meresahkan masyarakat.

“Tidak hanya relawan TRC, tapi Semen Padang juga memfasilitasi seluruh perlengkapan disinfektan berupa alat penyemprot dan cairan disinfektan. Terimakasih Semen Padang yang telah membantu, karena wabah COVID-19 itu juga turut meresahkan masyarakat Lubuk Kilangan,” katanya.

Penyemprotan disinfektan ini dibagi dalam delapan tim. Dua tim disebar ke Kelurahan Bandar Buat, sedangkan untuk kelurahan lainnya dilakukan masing-masing oleh satu tim. “Penyemprotan disinfektan ini bagian dari upaya memutus rantai penyebaran virus-virus yang bisa menular, termasuk wabah Covid-19,” ujarnya.

Kasat Pol PP Padang Alfiadi juga mengapresiasi PT Semen Padang. Ia berharap, aksi peduli melawan wabah Virus Corona dari Semen Padang ini semoga dapat ditiru oleh perusahaan lainnya yang ada Padang, karena wabah Corona tidak hanya meresahkan masyarakat Padang saja, seluruh dunia sudah mulai mencegah penularan wabah Corona ini.

“Peran Semen Padang luar biasa, terutama di Kecamatan Kubuk Kilangan. Semen Padang bergerak seperti semboyannya, yaitu “Kami telah berbuat sebelum yang lain memikirkannya” Harapan kita, perusahaan lainnya di Padang juga meniru apa yang dilakukan Semen Padang,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati menjelaskan, berbagai hal dilakukan PT Semen Padang untuk mengantisipasi agar virus tersebut tidak menyebar di lingkungan keluarga besar Semen Padang Group.

Di antaranya melakukan seminar, pemberian vaksin, menetapkan aturan terkait aktivitas Karyawan/Karyawati Semen Padang Grup dalam upaya menjaga kesehatan baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan tempat tinggal, membuat himbauan melalui spanduk, baliho, penghentian semua kegiatan yang sifatnya massal.

“Berbagai upaya telah dilakukan perusahaan menindaklanjuti kebijakan Kementerian BUMN dan SIG serta sebagai upaya Semen Padang mendukung Pemerintah untuk memutus rantai penyebaran covid-19,” kata Nur Anita.

Untuk mencegah penularan virus melalui benda di sekitar karyawan, maka dilakukan disinfektan di area-area kerja dan fasilitas umum yang dikelola PT Semen Padang, termasuk fasum di lingkungan eksternal perusahaan. Selain itu juga menyediakan handsanitizer di semua unit kerja. (*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.