Take a fresh look at your lifestyle.

Sepanjang 257,93 Km Jalan Lingkung Kota Padang Sudah Dibetonisasi 4 Tahun Belakang

1.045

Padang – Jalan lingkungan (Jaling) di Kota Padang rata-rata sudah banyak mengalami kerusakan. Bahkan ada juga beberapa jalan lingkungan, sejak pertama kali dibuka, masih memakai jalan tanah. Jika hujan tiba, sudah pasti kondisinya semakin parah, becek dan berlobang tentunya.

Medio 2015 kebawah, keadaan jalan lingkungan seperti itu sangat dikeluhkan oleh masyarakat. Banyak aktifitas masyarakat menjadi terganggu akibat kurang memadai infrastruktur jalan dirumah mereka. Sehingga mau tak mau mereka harus menerima keadaan.

Namun demikian, sejak tahun 2016 Pemerintah Kota Padang meluncurkan pekerjaan infrastruktur strategis dengan mengupayakan semua jalan lingkungan di lakukan betonisasi.

Alhasil Pemko Padang melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PRKPP) selama 2016 hingga 2019 berhasil melaksanakan betonisasi jalan lingkungan sepanjang 257.93 km.

Pekerjaan infrastruktur strategis yang dicanangkan oleh Mahyeldi Ansharullah, tak lain untuk mensejahterakan masyarakat. Supaya masyarakat nyaman melewati jalan tersebut, dan pulang kerumah masing-masing dalam suasana yang gembira.

Pada mulanya, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menginginkan pekerjaan betonisasi jalan lingkungan ini sepanjang 241,3 km. Artinya hampir semua jalan yang melewati pemukiman masyarakat sudah memenuhi standar.

Selain betonisasi jalan lingkungan, Pemko Padang disebutkan Mahyeldi juga memprioritaskan perbaikan sistem drainase., sehingga banjir yang terjadi di perumahan warga ke depan bisa diminimalisir.

Plt Kepala Dinas PRKPP Yeni Yuliza kepada majalahintrust.com mengatakan, pekerjaan jalan lingkungan dari 2016 sampai 2019 sudah dilakukan sepanjang 257,93 km. Artinya keinginan yang sudah dilontarkan walikota sudah melewati sepanjang 241,3 km.

Perinciannya disebutkan Yeni, untuk tahun 2016 Pemko Padang telah selesaikan sepanjang 92,25 km jalan lingkungan, tahun 2017 sepanjang 65,932 km, tahun 2018 sepanjang 32,966 km, serta tahun 2019 jalan lingkungan sudah dibeton sepanjang 66,78 km.

“Alhamdulillah sudah banyak juga yang Pemko Padang betonisasi jalan lingkungannya. Malahan program strategis ini terus berlanjut, sehingga tahun 2020 jalan lingkungan yang di betonisasi sepanjang 30 km,” Ucap Kadis wanita energik ini.

Sementara itu Kabid Perumahan Dinas PRKPP Padang Norman menambahkan, pekerjaan betonisasi jalan lingkungan tahun 2020 berdasarkan Renja yang telah ditetapkan dan dialokasikan APBD, sebanyak Rp 42,3 m.

Target penyelesaian jalan lingkungan yang di betonisasi disebutkan Norman sepanjang 30 km yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Padang, dengan rencana ruas yang dilakukan pembetonan sebanyak 203 ruas jalan lingkungan.

Ditempat terpisah, salah seorang masyarakat yang tinggal di Pagang Kecamatan Nanggalo Nilam Maulani menyampaikan terima kasih kepada Pemko Padang yang telah melakukan betonisasi di jalan lingkungan rumahnya.

Ia bersyukur jalan tersebut sudah bagus saat ini. Karena sebelumnya jalan menuju rumahnya sejak rumah didirikan tak pernah diperbaiki. Bahkan jalan itu dahulunya jalan tanah dengan ukuran cukup sempit. Ketika akan pulang kerumah, Nilam pun merasa was-was, karena kondisi jalan yang tak memadai.

“Alhamdulillah sejak di betonisasi oleh Pemko Padang, jalan masuk kerumah saya sudah bagus, dan terasa nyaman melewatinya, ” Tutup wanita yang saat ini bekerja di kampus kesehatan itu. (Ridho)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.