Take a fresh look at your lifestyle.

Sumbar Telah Siapkan Metode Pembelajaran di Masa Tatanan Normal Baru dan Aman Covid 19

1.583

Padang– Pola daring merupakan pola metode yang bakal menjadi permanen nantinya, bukan hanya sementara dalam pembelajaran. Pola ini daring juga sangat bagus dan amat tepat untuk berbagai kebutuhan, yang sebetulnya sudah berkembang lama dan terapkan.

Dibandingkan daerah lain Sumbar sudah lebih dulu melakukan dalam menghadapi kendala penanganan Covid-19 ini. Pola daring ini terpaksa dilakukan agar kegiatan pembelajaran aman dari penyebaran virus corona.

Hal ini diungkap Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, saat membuka acara Pelatihan Guru Sumatera Barat Dalam Mempersiapkan Pembelajaran Daring di Masa Normal Baru kegiatan tersebut berlangsung melalui via zoom di Ruang Kerja. Sabtu (25/7/2020).

Hadir dalam acara tersebut sebagai Keynote Speaker Dirjen Guru, dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud, Dr. Iwan Syahril, PhD dan didukung oleh para relawan yang berkontribusi kepada Pemerintah Daerah untuk tetap menjaga mutu pendidikan di Sumbar yang saat ini sedang terkena dampak Covid-19.

Kegiatan tersebut direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi agar keikutsertaan seluruh guru jenjang SMA dan SMK melalui Link pendaftaran untuk menjadi peserta pelatihan.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan terkait mengenai disain pembelajaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menegaskan bahwasanya, guru jangan lari dari kenyataan karena hal tersebut akan bertemu terus didalam keseharian kita sebagai guru nantinya.

Guru juga jangan sampai Gagal Teknologi (galtek), semua harus di pelajari agar dapat menguasai dan jangan mengelak atau menghindar sehingga dapat mencapai tujuan sesuai dengan targetnya karena daring ini adalah suatu keniscayaan akan terus berjalan.

Selain itu terkait dengan pendidikan di Sumatera Barat kemungkinan belum membuka pendidikan dalam waktu dekat ini, zona hijau pun di tahapan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang dibolehkan hanya SMA dan SMP untuk SD dilihat dulu situasi benar-benar membaik.

Irwan Prayitno jelaskan , pembelajaran tatap maya atau daring menjadi suatu keniscayaan, karena sulit kuntuk mempertahankan, namun demikian di Sumbar selama belum ada obat atau vaksin dapat menawarkan virus tersebut, kami akan mengendalikannya.

“Dalam arti bahwa perkembangan covid dan ada positif covid sudah bisa dikendalikan, dengan cara tracing, testing kemudian bisa dikendalikan. sehingga terkontrol dan dipertimbangkan mudah-mudahan claster baru tidak timbul lagi,” ujarnya.

Selain itu terkait dengan pola pendidikan Gubernur menyebutkan metode yang dikeluarkan yaitu tatap muka dengan protokol Covid, kemudian belajarnya dipersingkat hal ini sudah kesepakatan bersama oleh para guru.

” Tatap maya atau daring perlu dilakukan dengan cara guru-guru mempersiapkan tugas yang diberikan kepada siswa, agar mencapai target-target dilengkapi di sekolah dan meski wajib hadir di sekolah.
Untuk menyempurnakan konten-konten yang akan disampaikan kepada murid melalui daring, baik berbagai pendekatan dengan vidio maupun beberapa presentase yang ditampilkan” ujarnya

Irwan Prayitno juga menyebutkan sudah mewajibkan per mata pelajaran untuk menyiapkan konten di semester 2020 ganjil dan perlu persetujuan bersama, hingga nanti berkreatifitas, berinovasi dari masing-masing guru agar dibakukan.

“SMA dan SMK akan segera berjalan untuk konten ini, dibantu oleh Tim disain Universitas Negeri Padang (UNP), dibawah koordinasi Rektor UNP untuk mendukung serial pelatihan yang sudah ada dan akan dilakukan Pemda bersama UNP bagi peningkatan kemampuan guru-guru Sumbar untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, daring dan luring yang bermutu,” harap Irwan Prayitno.

Gubernur Sumbar juga sampaikan ada beberapa yang menghendaki tatap muka misalnya Senin, Rabu, Jumat dan pada hari selasa, kamis metode daring di buatkan juga kurikulum dan silabusnya metode yang seperti campuran ini agar bisa melengkapi beberapa keinginan dari masyarakat dan kondisi perkembangan daerah di Sumatera Barat.(*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.