Take a fresh look at your lifestyle.

130 Orang Paguyuban DWP Kementerian PUPR se Bengkulu Ikuti IVA Test dan Sadari

405

Bengkulu – Ibu-Ibu Paguyuban Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) se Provinsi Bengkulu gelar kegiatan Deteksi Dini Kanker Serviks, dengan metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test dan Kanker Payudara dengan metode Sadari (Periksa Payudara Sendiri).

Kegiatan tersebut diikuti 130 orang terdiri dari anggota paguyuban, istri pegawai, dan pegawai wanita Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang Wilayah Bengkulu, Balai Wilayah Sungai Sumatera VII, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu serta Paguyuban Balai Pelaksana Pengadaan Jasa Kontruksi (BP2JK) Bengkulu.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Lies Rosita Aidil Fiqri dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati bulan peduli kanker nasional, yang diselenggarakan pada bulan Oktober setiap tahunnya. Disamping itu juga mewujudkan wanita Indonesia bebas dari kanker serviks dan payudara.

Dikatakan Lies Rosita, bulan peduli kanker ini diprakarsai DWP Kementerian PUPR dan Oase Kabinet Kerja sejak tahun 2017 lalu, dengan harapan wanita di kalangan Kementerian PUPR semakin menyadari pentingnya deteksi dini penyebab kanker tersebut, sekaligus memberikan edukasi mencegah agar kanker tidak hinggap ke dalam tubuh.

“Dari kegiatan IVA Test ini kita lakukan tiga tahun lalu, ada tiga orang yang terdeteksi secara dini terkena kanker. Alhamdulillah hingga saat ini mereka sembuh dan kembali beraktifitas,” Ungkap Lies Rosita.

Ketua Pagyuban DWP BWS Sumatera VII Nini Agustian dalam paparannya mengungkapkan, kanker payudara dan kanker serviks merupakan penyakit pembunuh nomor satu dan dua di dunia dan Indonesia menurut World Health Organisation (WHO).

Oleh sebab itu, penyakit kanker harus dihindari dengan cara menanamkan perilaku pola hidup sehat, menghindari faktor faktor penyebab kanker, serta lebih meningkatkan kepedulian bersama akan bahayanya penyakit ini.

“Dari data WHO, yang terkena penyakit kanker inai rata-rata adalah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), dengan rasio angka kematian dibawah 60 tahun. Bahkan 13 persen angka kematian di dunia diakibatkan dari dua penyakit kanker ini,” Kata Nini Agustian.

Pembina Paguyuban DWP Kementerian PUPR Wilayah Sumbar – Bengkulu Ir H.Aidil Fiqri MT sangat mendukung kegiatan ini sepenuhnya, demi pertahanan keamanan rumah tangga. Sebab, sudah sangat jelas jika istri sehat, keluarga sehat. Istri adalah tiangnya rumah tangga.

“Ibu-ibu tiangnya rumah tangga. Jika Ibu-Ibu sakit, maka goyang lah pertahanan rumah tangga. Bapak bapak semua pasti sangat mendukung kegiatan positif yang Ibu-Ibu lakukan, apalagi ini juga menyangkut kesehatan,” Tutup Aidil.

Turut hadir juga pada kesempatan itu Kepala BWSS VII Ir Agustian MT, Kepala BP2JK Bengkulu Ir Iskandar Muhammad, Kepala BPPW Bengkulu Daniel Kuddi Sangle, serta Kasatker dan PPK dilingkungan Kementerian PUPR se Bengkulu.(ridho)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.