Take a fresh look at your lifestyle.

80 Persen Atlet Lolos PON Bergabung di Latihan Bersama KONI Sumbar

488


Padang – Sebanyak 80 persen atlet Sumatera Barat yang sudah menasbihkan diri lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Provinsi Papua, sudah kembali melaksanakan latihan bersama program dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar.

Dibawah arahan Dr Rina Ambar Dewanti masih dalam masa new normal, latihan bersama yang diikuti seluruh atlet berjalan dengan penuh determinasi. Tak mereka pedulikan cucuran keringat membasahi tubuh dan deru nafas memburu sembari melahap porsi latihan berdasarkan intruksi yang diberikan.

Seperti kata perenang Sumbar Abrian Adri Nyoman, latihan gabungan ini sangat bermanfaat bagi atlet. Ibaratnya ini latihan dengan porsi umum yang menopang latihan khusus setiap cabang olahraga.

“Ibarat mesin, kita latihan bersama ini menambah bahan bakar. Kemudian dilatihan khusus kita tinggal menambah dan melanjutkan latihan dengan baik berbekal dasar kebugaran fisik yang sudah ada,” sebut perenang peraih Medali Emas Powil X di Bengkulu 2019 lalu.

Abrian juga menyambut baik porsi latihan bersama yang diberikan Konsultan Fisik Rina Ambar Dewanti, karena sangat membantu atlet dalam melanjutkan pola latihan yang dilakukan khusus di Cabor Renang.

Hal yang sama juga dikatakan Pelatih Muaythai Arif Rahman Nasir. Bahkan, dengan adanya porsi latihan fisik yang terukur yang diterapkan pada atlet termasuk atlet Muaythai, menambah ketahanan fisik atletnya.

“Dalam Muaythai, latihan yang dilakukan pelatih biasanya dengan pola penyerangan terhadap atlet. Bila selama ini sering atlet mudah dilumpuhkan pelatih, sekarang mereka malah susah dilumpuhkan, karena sudah punya pertahanan fisik, kecepatan yang baik dan seimbang,” sebutnya.

Sebagai pelatih, kami sangat terbantu dengan latihan fisik yang dilakukan Konsultan Fisik Rina Ambar Dewanti. “Kita tinggal menambah latihan khusus pada atlet, misalnya kecepatan tangan dan kaki,” katanya. 

Fazril Ale Ketua Tim Teknis TC PON XX Sumbar menyambut baik antusias para atlet dan pelatih yang datang untuk latihan bersama. Latihan bersama ini dilakukan sebagai salah satu bentuk evaluasi terhadap atlet tentang latihan yang ia lakukan bersama pelatihnya selama satu pekan.

“Memang masih belum semuanya datang, tapi kehadiran sudah mencapai 80 persen dalam latihan bersama merupakan langkah-langkah yang baik dalam melaksanakan kembali porsi latihan bersam ini,” jelas yang juga Waketum II KONI Sumbar ini.

Konsultan Fisik Rina Ambar Dewanti menyebutkan, latihan bersama ini dilkukan dalam rangka melihat kebugaran dan kondisi atlet secara umum.

“Bila kondisi fisik dan kebugaran atlet dalam kondisi baik, maka porsi latihan bersama akan bisa mereka lakukan dengan baik. Secara umum, kami melihat kondisi fisik dan kebugaran atlet tetap terjaga selama ini, dan mereka bisa melahap porsi latihan yang diberikan,” sebutnya.(*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.