Take a fresh look at your lifestyle.

Bahas Porprov, KONI Sumbar dan 19 KONI Daerah Sepakat Ikuti Keputusan Gubernur

352

PADANG – KONI Sumbar dan pengurus KONI kabupaten kota se-Sumbar lakukan pertemuan, guna membahas surat keputusan Gubernur Sumatera Barat nomor 426-381-2020 tentang penjadwalan ulang, penyelenggaraan pekan olahraga provinsi Sumatera Barat XVI tahun 2022 dan penyelenggaraan pekan olahraga provinsi Sumatera Barat XVII tahun 2024, Sabtu (20/6) di Kantor KONI Sumbar di Jln. Rasuna Said Padang.

Rapat dipimpin langsung Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful, SH, MHum, didampingi Wakil Ketua l H. Aldi Yunaldi SH. MSi, Sekretaris Umum Irnaldi Samin dan pengurus lainnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melakukan penjadwalan ulang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) bersama yang semula dilaksanakan medio Desember 2020. Sehingga Porprov Sumbar berikutnya langsung digelar tahun 2022 mendatang.

Hal ini sesuai dengan surat keputusan Gubernur Sumatera Barat nomor 426-381-2020 tentang penjadwalan ulang penyelenggaraan pekan olahraga provinsi Sumatera Barat XVI tahun 2022 dan penyelenggaraan pekan olahraga provinsi Sumatera Barat XVII tahun 2024.

“Surat keputusan dari Pak Gubernur inilah yang kita bahas hari ini bersama pengurus KONI kabupaten kota yang ada di Sumbar, dan Alhamdulillah semua pengurus mendukung keputusan dari Pak Gubernur Sumbar ini, ” kata Ketum KONI Sumbar Syaiful kepada wartawan usai memimpin rapat.

Syaiful mengatakan, pembatalan Porprov 2020 dikarenakan tak lagi adanya anggaran dari kabupaten kota untuk mengikuti pesta olahraga multi iven terbesar di Ranah Minang ini. Sebab anggaran daerah tersedot untuk menanggulangi pandemi Covid -19.

“Dengan penundaan ini, Porprov XVI yang awalnya ditetapkan pada tahun 2020, dijadwalkan dilaksanakan pada tahun 2022 di Kabupaten Tanah Datar dan Padang Panjang. Sedangkan Porprov XVII yang awalnya ditetapkan pada 2022, dijadwalkan dilaksanakan pada 2024 dilaksanakan di Kota Solok,” sebut Syaiful.

Ketua KONI Kabupaten Dharmasraya H. Eri Antoni Dt Tumangguang juga menyampaikan hal yang sama dengan Ketum KONI Sumbar.

“Memang ada wacana agar pelaksanaan Porprov dilakukan tahun 2021 dalam rapat tadi, namun mengingat alasan utama pembatalan dari Gubernur Sumbar yang juga sudah dibicarakan dengan seluruh bupati dan walikota, kita pengurus KONI kabupaten kota juga memakluminya,” kata Eri yang juga didampingi Budi Kurniawan Wakil Ketua I KONI Padang Panjang dan Nofrizal Dt Tanbijo Ketua KONI Kota Solok.

Ditanya tentang kesiapan menjadi tuan rumah, baik KONI Padang Panjang maupun KONI Kota Solok, siap melaksanakan iven akbar olahraga Sumbar dua tahunan.

“Kita akan membicarakan hal ini kembali dengan Pemko Padang Panjang tentang penyiapan sarana dan prasarana yang terganggu akibat pandemi Covid-19 ini,” kata Budi Kurniawan Wakil Ketua I KONI Padang Panjang. Padang Panjang sendiri merupakan tuan rumah bersama dengan Kabupaten Tanah Datar dalam pelaksanaan Porprov XVI yang semula dijadwalkan tahun 2020 ditunda jadi tahun 2020.

Begitu juga dengan Kota Solok yang akan menjadi tuan rumah Porprov XVII 2024 mendatang. Bagi Nofrizal Dt Tanbijo Ketua KONI Kota Solok, penunjukkan ini merupakan suatu kehormatan dan Kota Solok sudah mempersiapkan berbagai hal sebagai tuan rumah, terutama sarana dan prasarana pertandingan cabang olahraga.

“Kami sedang mempersiapkan semua itu dan insya Allah Kota Solok siap menjadi tuan rumah,” tegasnya. (*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.