Take a fresh look at your lifestyle.

Dua Periode Pimpin KONI Kab Solok, Jalan Berliku Ditempuh Rudi Horizon Demi Prestasi Olahraga Tetap Utuh

391

Solok – Niat adalah keinginan seseorang yang bersumber dari dalam hati , yang diaplikasikan dalam satu perbuatan demi mewujudkan apa yang diinginkan seseorang. Terkadang niat baik yang dilakukan tak selalu mulus, bahkan selalu mendapat hadangan dan rintangan.

Niat baik yang dilakukan oleh Rudi Horizon Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Solok contohnya. Selama dua periode memegang amanah sebagai orang nomor satu di induk organisasi olahraga setempat, tak pernah berjalan mulus.

Periode pertama 2016-2020, Rudi Horizon mendapat hadangan keras dari kompetitornya. Bahkan polemik yang berkepanjangan itu sempat mampir ke ranah hukum, serta menjadi pembahasan di KONI Pusat.

Namun polemik yang terjadi tak membuat pria berkacamata ini patah arang. Justru ia buktikan dengan menghadirkan prestasi di Porprov 2016 Kota Padang di peringkat ketujuh serta Porprov 2018 Padang Pariaman berada di peringkat ke empat.

Perhatian maupun kesejahteraan atlet serta pelatih ataupun cabang olahraga dibawah naungan KONI Kabupaten Solok pada masa kepemimpinan Rudi Horizon pun juga meningkat. Sehingga tak ada suara sumbang dari ketiga komponen ini dalam menjalankan aktifitas masing masing.

Kendati periode pertama sudah banyak berbuat untuk olahraga daerah yang berjuluk Bareh Solok ini, namun tak membuat langkah Rudi Horizon berjalan mulus untuk menempati singgasana pada periode kedua.

Setelah terpilih secara aklamasi pada Musyawarah olahraga kabupaten (Musyorkab) yang dilaksanakan medio Agustus lalu, malah membuat segelintir insan olahraga disana menampakkan ketidakpuasannya.

Segelintir orang ini menyatakan Walk Out (WO) dari ruang sidang acara Musyorkab.  Mereka menuntut KONI Sumatera Barat, maupun KONI Pusat untuk membatalkan hasil Musyorkab tersebut, serta mengancam akan membawa kasus ini ke Badan Arbitrase Olahraga Republik Indonesia (BAORI).

KONI Pusat pun merespon datar dengan menyerahkan keputusan hasil Musyorkab KONI Kabupaten Solok kepada KONI Sumbar. Lalu KONI Sumbar mengesahkan hasil Musyorkab dengan keputusan Rudi Horizon terpilih secara aklamasi, meski pihak yang menentang tak puas dengan putusan ini.

Bangun Soliditas KONI, Demi Prestasi dan Untuk Kejayaan Bangsa

Ketua KONI Sumbar Syaiful lantik kepengurusan KONI Kabupaten Solok periode 2020-2024.

Dalam sambutannya, Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful mengapresiasi dinamika yang terjadi di tubuh KONI Kabupaten Solok. Polemik jelang resminya pelantikan ini mengisyaratkan Kabupaten Solok tidak kekurangan pelaku olahraga. Namun, perbedaan pandangan tersebut harus menyatu setelah lahirnya kepengurusan baru yang sah dan dikukuhkan sekarang.

“Pada tahun 2016 saya melantik Ketua KONI Kabupaten Solok Rudi Horizon dan dihadiri Bupati Solok. Pada hari ini dengan orang yang sama Rudi Horizon dan masih bupati yang sama, saya kembali melakukan kegiatan pelantikan. Suatu hal yang luar biasa di KONI Kabupaten Solok ini,”paparnya.

Ia menjelaskan, olahraga tidak mengenal perbedaan. Untuk itu, bangun soliditas organisasi, silaturahmi, kebersamaan dan persaudaraan dengan kekuatan komunikasi. Sehingga sasaran dan tujuan dapat tercapai. Ini sudah diperlihatkan oleh Rudi Horizon,” katanya..

Syaiful juga berpendapat, setiap perjuangan yang sulit dan kerja keras yang luar biasa, pasti memberikan hasil yang diinginkan. Karena perjuangan membangun olahraga Kabupaten Solok tidak mudah, maka perkokoh persatuan, jangan ada lagi pertikaian.

Karena Syaiful yakin dengan soliditas, kebersamaan dan persaudaraan, dapat membangun prestasi olahraga untuk kejayaan bangsa.

Bupati Solok Gusmal mengatakan, pelantikan KONI penuh dinamika, sehingga mengalami keterlambatan sekitar 4 bulan. Namun berkat perjuangan dan kesabaran,  Rudi Horizon akhirnya dikukuhkan menjadi Ketua Umum KONI Kabupaten Solok.

“Biasanya perjuangan panjang membuat kita lebih dewasa, lebih sabar dan sportif. Orang-orang yang tidak sportif tidak perlu jadi insan olahraga. Olahraga harus diisi orang-orang berintegritas,” katanya.

Gusmal mengapresiasi gebrakan KONI Kabupaten Solok di bawah komando Rudi sejak 2016. Bahkan, kepengurusan KONI 2016-2020 telah mengantarkan Kabupaten Solok meraih peringkat ke-4 saat Porprov di Padang Pariaman 2018.

Ke depan, Gusmal menantang KONI Kabupaten Solok untuk menjadi yang terbaik di Sumbar, bukan sekadar menargetkan posisi ke tiga.

“Masa Kota Padang terus yang juara, KONI Kabupaten Solok harus bertekad mengalahkan Padang. Target harus nomor satu, jangan nomor tiga,” tegasnya.

Ketua KONI Kabupaten Solok Rudi Horizon mengajak seluruh pelaku olahraga Kabupaten Solok untuk bersatu demi kejayaan olahraga. Dinamika yang terjadi selama ini merupakan proses dan pembelajaran untuk mengokohkan persatuan di tubuh KONI Kabupaten Solok.

Pasalnya organisasi KONI berfungsi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, membina dan memperkokoh rasa kesatuan dan persatuan bangsa.

“Mari kita mulai kembali kerja keras demi mengharumkan nama daerah di bidang olahraga. Olahraga menyatukan kita, hilangkan perbedaan dan perpecahan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap pemerintah daerah terus memberikan perhatian serius terhadap pembangunan olahraga di Kabupaten Solok. Mengingat semua prestasi yang telah dicapai tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah dan seluruh stakeholder terkait.

“Tentunya kami berterima kasih atas dukungan bupati solok beserta seluruh jajaran SKPD dan DPRD Kabupaten Solok, yang selama ini banyak membantu menyukseskan program-program KONI.  Kami berharap ke depannya kerja sama kita semakin meningkat demi kemajuan olahraga Kabupaten Solok. Insya Allah target tiga besar kita penuhi,” tutupnya.(ridho)

Tinggalkan pesanan