Take a fresh look at your lifestyle.

Diplomasi Hijau BWS Sumatera V : Tanam Pohon dan Sebar Bibit Ikan di Payakumbuh

243

PAYAKUMBUH – Dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke 75, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V bersama Pemerintah Kota Payakumbuh laksanakan penanaman pohon dan pelepasan bibit ikan di Embung Daerah Bulakan, Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membuka langsung kegiatan penanaman pohon serentak secara virtual, berpusat di Bendungan Gondang, Karang Anyar Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dalam rangka Aksi Nyata Penyelamatan Hutan, Tanah, dan Air yang menjadi tema Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA).

Kepala BWS Sumatera V Dian Kamila ST.MT menyampaikan,  Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) diperlukan sebagai upaya bersama, untuk memadukan program dan mensinergikan aksi dalam upaya penyelamatan air, serta sebagai upaya bersama untuk memanfaatkan sumber daya yang ada pada para pihak (stakeholder).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung dan melaksanakan Revitalisasi GN-KPA secara terpadu yang didasarkan saling membantu, saling mendukung sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

Ia mengatakan, gerakan penanaman pohon dalam rangka hari bakti PU dan Puncak hari Bakti PU yang diadakan secara serentak di seluruh Indonesia,sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk lebih aktif menanam pohon, dan merawatnya. 

Kegiatan penanaman pohon sebut Dian, adalah bagian dari upaya konservasi sumber daya air. Selain itu juga akan meningkatkan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau dan ruang kehidupan kita yang lebih berkualitas. 

“Penanaman pohon juga dapat meningkatkan infrastruktur hijau lingkungan di  sekitar kita dan bukan sekedar sebagai objek fisik semata. Lingkungan yang hijau dan tertata dengan baik juga menjadi tempat wisata dan pengembangan sosial ekonomi masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,”ucap Dian Kamila.

Dian Kamila menyampaikan ucapan terimakasih dan salut kepada Walikota Riza Falepi yang konsen dengan konservasi lingkungan, sering menginisiasi penanaman pohon yang berlokasi di sekitar infrastruktur di Payakumbuh.

“Terima kasih kepada Pak Walikota Payakumbuh yang sering melaksanakan kegiatan penghijauan. Semoga kegiatan ini terus bisa dilaksanakan, sehingga bencana alam bisa kita hindarkan bersama. Kami siap membantu anggaran untuk membangun infrastruktur di Payakumbuh, sesuai arahan dari Bapak Menteri PUPR,” terang Dian Kamila.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Bakti PUPR Ke-75 sekaligus menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR, yang telah memberikan dukungan dalam pembangunan infrastruktur di Payakumbuh, terkhusus dibangun oleh BWS Sumatera V dengan budget ratusan mililar Rupiah.

Dalam beberapa tahun belakang, di Payakumbuh telah hadir Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Agam dan Embung Dareh Bulakan. DAS Batang Agam sebutnya sangat berdampak kepada pertumbuhan ekonomi daerah, sementara Embung Dareh Bulakan juga membuat penghasilan petani meningkat, karena mampu mengairi ratusan hektar lahan pertanian warga.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Menteri PUPR atas hadirnya infrastruktur baru di Kota Payakumbuh. Dua infrastruktur besar itu sangat berdampak kepada pertumbuhan ekonomi Payakumbuh.Kami meminta dukungan kembali pada Bapak Menteri PUPr agar dapat menghadirkan infrastruktur baru di kota ini,”pinta Riza Falepi secara langsung via aplikasi zoom meeting kepada Menteri PUPR.

Walikota Riza yakin, bila perkembangan Kota Payakumbuh semakin cepat, bisa jadi kekurangan air dapat terjadi suatu saat nanti, dan keberadaan Embung Dareh Bulakan yang memiliki mata air alami ini bisa menjadi salah satu cadangan air buat mengatasi itu. Apalagi Pemko bertekad menjadikan pusat Kota Payakumbuh di sekitar DAS Batang Agam memiliki potensi besar, terintegrasi dengan Ngalau Indah yang merupakan City on The Hillnya.

“Selain Embung Bulakan, Payakumbuh sebenarnya banyak potensi untuk dibuatkan embung baru. Oleh karena itu, Payakumbuh bakal berjuang mencarikan lahan baru, agar pembangunan dapat terealisasi. Perencanaan sudah ada, tinggal lagi dukungan dari BWS Sumatera V merealisasikannya. Kami juga berencana membuat water treatment processing sederhana, karena ada mata airnya itu,” kata Riza.

Menjawab permintaan dari Walikota Payakumbuh, Menteri PUPR mengapresiasi atas upaya masyarakat Kota Payakumbuh memelihara dan memanfaatkan infrastruktur yang sudah ada. Selain itu juga Kementerian PUPR berupaya kedepan merealisasikan keinginan Pemko Payakumbuh untuk membangun infrastruktur baru.

“Bagus sekali Pak Walikota, kalau ada potensi embung lain, nanti kita bangun lagi,” jawab Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada Wako Riza Falepi disaksikan langsung Kepala BWS Sumatera V beserta jajaran yang hadir pada kesempatan itu.(ridho)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.