Take a fresh look at your lifestyle.

Di Masa Covid 19, Diskominfo Padang Gagas Rumah Ibadah Digital, Begini Bentuknya

703

Padang – Pandemi Covid-19 membuat hampir semua kegiatan dialihkan secara virtual. Akibatnya, pengguna serta akses internet meningkat dari biasanya. Keluhan dari masyarakat pun bermunculan.

“Iya, biaya untuk beli internet untuk anak belajar di rumah jadi membengkak, terkadang harus minta hotspot ke yang lain,” jelas Tin, seorang warga asal Kuranji, Rabu (19/8/2020).

Rahmat segendang seirama dengan Tin. Lelaki dengan dua putra ini mengaku kesulitan saat pandemi ini. Kendala biaya internet menjadi keluhan baginya saat Covid-19.

“Harus disiasati pengeluaran saat ini, harus bagaimana lagi,” jelasnya.

Keluh kesah warga ini agaknya bakal terobati. Pasalnya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang tengah menggagas program internet gratis bagi warga saat pademi ini. Program bertajuk “Rumah Ibadah Digital” itu segera terlaksana.

“Kita menggagas ini untuk menjawab keluhan warga yang selama ini kesulitan akses internet,” sebut Kepala Diskominfo Kota Padang, Rudy Rinaldy di depan sejumlah awak media di Balaikota Padang.

“Rumah Ibadah Digital” adalah pemasangan hotspot internet di tiap rumah ibadah. Masjid, musala, gereja, vihara, dan lainnya dipasang wifi gratis. Sehingga nantinya rumah ibadah tidak saja dijadikan sebagai tempat beribadah, akan tetapi juga dijadikan sebagai pusat untuk belajar daring bagi anak-anak sekolah, serta berkegiatan.

“Satu masjid di satu kecamatan dipasang wifi gratis,” sebut Rudy.

Sebelas masjid di sebelas kecamatan ini sedang didata dan dalam waktu tidak berapa lama lagi akan segera dilaunching oleh Wali Kota Padang.

Menyukseskan program ini, Diskominfo akan mencoba menggandeng para pengusaha, donator dan orang-orang yang punya kelebihan rejeki untuk membantu pengadaan jaringan internet di masjid ini.

“Tentu kita mulai dulu dari Pemko Padang dengan memasang wifi gratis itu di masjid-masjid,” pungkasnya. (*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.