Take a fresh look at your lifestyle.

Dipaparkan Pada Webinar Ombudsman, Ini Program FaGe

466

Padang – Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat Genius Umar, paparkan program strategisnya untuk masyarakat Ranah Minang dalam diskusi webinar yang diadakan Ombudsman Perwakilan Sumbar, Selasa (27/10). Dalam diskusi itu juga melibatkan kandidat lain , serta menghadirkan panelis Adel Wahidi dari Ombudsman Sumbar, Afriva Khaidir Dosen FIS UNP, Ria Afriany Dosen FISIP Unand, serta Ikhbal Gusri dari Peneliti Pusako Unand.

Dalam paparannya, Genius Umar bertekad mewujudkan Sumatera Barat Religius, Sejahtera dan Bermartabat. Fokus utama dari Fakhrizal – Genius (FaGe) adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), peningkatan di berbagai sektor perekonomian, serta memperhatikan lembaga-lembaga adat yang ada di daerah Tuah Sakato.

FaGe Fokus Peningkatan SDM

Seperti dalam peningkatan Kualitas SDM, bagaimana nantinya Pemprov Sumbar berupaya meningkatkan kesejahteraan akses dan kualitas pendidikan, yang merupakan visi pelayanan publik FaGe dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Dengan mimpi besar, Sumbar harus menjadi pusat pendidikan minimal terdepan di Sumatera.

Langkahnya ialah, FaGe menawarkan program pendidikan satu sarjana satu keluarga untuk strata satu dan diploma. Program ini tentu meningkatkan lama belajar anak dan meningkatkan kualitas pendidikan mereka, dengan sasaran akhir mereka punya skil bekerja di bidang industri.

“Hal ini sudah saya lakukan di Pariaman, dimana saya sebagai Walikota Pariaman hingga saat ini. Alhamdulillah program ini berjalan dengan baik,” tuturnya.

Program selanjutnya adalah mempercepat sertifikasi dan meningkatkan jenjang pendidikan bagi Guru PAUD, Guru TK, Guru SD, Guru SMP, dan Guru SMA. Lalu program untuk anak berkebutuhan khusus serta lansia yang juga merupakan bagian dari pelayanan pendidikan.

“Juga nantinya akan kita berikan insentif kepada pendidik dan kader pendidik luar sekolah, memperhatikan dengan penuh para pelayanan masyarakat yang sudah mendedikasikan diri seperti guru mengaji dan garin mesjid. Ini menjadi perhatian FaGe juga,” terangnya.

FaGe Peduli Ekonomi Masyarakat

FaGe kata Genius Umar sudah pasti fokus mensejahterakan masyarakat berbasis pengembangan ekonomi kerakyatan, mencakup sektor pariwisata, pertanian, peternakan dan koperasi.

Seperti dengan memberikan kemudahan pemberian kredit kepada usaha petani, nelayan, peternak yang merupakan bagian dari public service. Bantuan bagi usaha mikro, kecil dan UMKM yang merupakan salah satu upaya percepatan penyelamatan usaha kerakyatan pasca Covid 19.

Seterusnya pengembangan industri kreatif yang saat ini sedang bergairah, yang rata-rata dijalankan oleh kaum milenial. Mereka juga harus dibantu dengan memberikan bantuan permodalan, agar bisa bertahan dari pandemi covid ini.

FaGe juga sebut Genius bakal memberikan keamanan, ketertiban, serta kepastian hukum bagi penanam modal. Sehingga mereka mau menanamkan modal mereka di Sumbar dengan rasa nyaman, dengan input membuka lapangan kerja, tanpa merugikan Sumbar.

Pihaknya juga merencanakan, meluncurkan program Satu Miliar Satu Kecamatan. Tujuannya adalah pelayanan publik bisa maksimal dilakukan di kecamatan serta kelurahan atau nagari. Pelimpahan kewenangan bakal diberikan kepada kecamatan.

Penerapan Public Service

Genius juga bertekad nantinya untuk menciptakan birokrasi yang melayani bagi seluruh masyarakat, tanpa membedakan kelompok-kelompok. Karena fungsi birokrasi adalah sebagai Public Service, yang menghadirkan solusi bagi masalah publik. Oleh karena itu juga, budaya Birokrasi Randesvous (dilayani) harus dihilangkan.

Bagi pria yang memiliki perawakan tinggi ini, pelayanan publik adalah bagian dari tugas Pemerintah Daerah. Apalagi ilmu birokrasi ini sudah matang betul ia pelajari di Universitas Gajah Mada serta Institut Pertanian Bogor.

“Saya sudah menamatkan Strata 2 di UGM Magister Administrasi Publik Bagian Public Policy. Saya pun juga menamatkan Doktor Public Policy Bidang Lingkungan di IPB Bogor. Jadi pelayanan prima untuk masyarakat sudah pasti saya terapkan,” pungkasnya. (ridho)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.