Take a fresh look at your lifestyle.

Jembatan Wai Kaka Penghubung 3 Kabupaten di Maluku Ambruk Dipantau Langsung Wamen PUPR

923

Maluku – Wakil Menteri PUPR RI John Wempi Wetipo melakukan kunjungan ke Kabupaten Seram Bagian Barat, dalam rangka meninjau lokasi ambruknya Jembatan Wai Kaka. Kedatangan Wamen PUPR beserta rombongan disambut oleh Bupati Seram Bagian Barat Moh.Yasin Payapo beserta jajarannya, Selasa (28/7/2020).

Jembatan Wai Kaka menghubungkan 3 Kabupaten di Pulau Seram, yakni Kab. Seram Bagian Barat, Kab. Maluku Tengah dan Kab. Seram Bagian Timur. Kerusakan jembatan tersebut membuat aktivitas masyarakat terganggu.

“Butuh 14 jam untuk sampai di Maluku Tengah karena jalannya mutar, jadi harus melewati kabupaten Seram Bagian Timur dulu. Tapi jika jembatan ini berfungsi, hanya butuh 2 jam saja untuk sampai di Maluku Tengah”, ujar Bupati Seram Bagian Barat MohYasin Payapo.

Dalam kunjungan tersebut Wamen PUPR menyampaikan permohonan maaf, karena saat ambruknya jembatan wai kaka, pihaknya ingin segera berkunjung untuk melihat situasi ini, tetapi terkendala pandemi covid-19, sehingga baru tiba saat ini.

“Sudah ada anggaran untuk bisa dikerjakan tetapi kondisi alam ini tidak bisa kita prediksi. Sekarang aja banjir masih ada, air juga belum surut. Jadi kalau sudah reda, akan kami kerjakan secepatnya”,ucap Wamen.

Ia berharap mudah-mudahan air cepat surut agar jembatan darurat cepat terpasang sehingga dapat digunakan oleh masyarakat dan dilewati oleh kendaraan yang ada di pulau seram.

Kepala Balai PJN Maluku Jon Sudiman Damanik mengatakan kalau tidak banjir seperti ini, Jembatan Wai Kaka yang roboh harusnya sudah selesai dikerjakan tahun ini, tetapi ada berbagai faktor sehingga pekerjaan belum bisa dilakukan sekarang.

“Sudah kontrak, kita tinggal kerja namun dengan kondisi cuaca ekstrim, sehingga tidak bisa dikerjakan”, ujarnya

Menurutnya sesuai kontrak anggaran yang disiapkan PUPR senilai Rp 23 Milyar lebih sudah termasuk dengan penanganan jalan.

Dalam kunjungan ini, Wamen PUPR di dampingi Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan, Kementerian PUPR Ir.Achmad Gani Ghazali Akman, M.Eng.Sc,Direktur Jalan dan Jembatan Wilayah II Ir. Thomas Setiabudi Aden,M.Sc.Eng, Kasubdit Wilayah II.B Direktorat Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II Ir. Silverius Bambang Widyarta.(*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.