Take a fresh look at your lifestyle.

Kementrian PUPR Sebar Rp 17,5 Milyar Untuk Rehab Rumah Tak Layak Huni di Pessel

370

Tarusan – Bupati Pesisir Selatan Provinsi Sumatera, Hendrajoni, mengemukakan, Pesisir Selatan tahun ini mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 17, 5 milyar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Republik Indonesia, untuk pembangunan rehab 1000 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Hal tersebut disampaikan Bupati Hendrajoni, dalam acara menyerahkan secara simbolis buku rekening untuk Program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi masyarakat Nagari Kampung Baru Korong Nan Ampek Sungai Lundang Kecamatan Koto XI Tarusan, Rabu (31/7).

Dikatakan, untuk satu unit rumah penerima bantuan mendapatkan dana masing masing sebesar Rp 17.500.000-, yang disalurkan secara nontunai kepada penerima bantuan.

Penyerahan Buku Rekening Program RTLH di Nagari Kampung Baru Korong Nan Ampek, Bupati Hendrajoni didampingi Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertahanan (Perkimtan) Mukhridal, Camat Koto XI Tarusan, Denny Amggara, Kabag Humasy dan Protokoler, Rinaldi, Ketua KAN Sungai Lundang dan sejumlah wali nagari.

Disebutkan, dari 1000 unit rumah tersebut, 800 unit dialokasikan untuk Kecamatan Koto XI Tarusan, sementara sisanya 200 unit tersebar di beberapa kecamatan.

Menurut bupati, besarnya jumlah alokasi bantuan RTLH untuk Kecamatan Koto XI Tarusan, disebabkan karena Koto XI Tarusan, merupakan kawasan strategis pariwisata nasional dan Koto XI Tarusan juga ditetapkan sebagai
Kawasan pengembangan perdesaan nasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkimtan, Mukhridal menjelaskan, dari 800 unit rehab RTLH sebanyak 210 unit sudah dalam pengerjaan, sisanya 590 dalam tahap penyerahan buku rekening.

Sedangkan 590 unit tersebut penerimanya dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok 1 berjumlah 285 unit yang tersebar pada lima nagari masing-masing, Nagari Siguntur, Siguntur Tuo, Kampung Baru Korong Nan Ampek, Taratak Sungai Lundang dan Nagari Barung Barung Belantai.

Kelompok dua, kata Mukhridal, berjumlah 305 unit yang tersebar di nagari. Batu Ampa Selatan, Nagari
Duku, Duku utara, Barung Barung Belantai Tengah, Barung Barung Selatan dan Barung Barung Selatan Timur.

Untuk kelompok 2 penyerahan buku rekeningnya akan dilakukan secara simbolis pada hari Senin (5/8).(*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.