Take a fresh look at your lifestyle.

Proses Penerimaan Mahasiswa Jalur SNMPTN 2021 Dimulai

959

Padang – Dari tahun ke tahun jumlah politeknik peserta Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), atau yang dahulu lebih dikenal dengan PMDK-PN meningkat. Hingga 2021, jumlah nya mencapai 44 politeknik se Indonesia

Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) Zainal Arif menyebutkan, peningkatan ini sangat bagus. Sehingga peluang masuk calon mahasiswa ke politeknik juga meningkat.

“Meski terdapat perubahan penamaan, mekanisme dan proses seleksi jalur ini masih sama,” kata Zainal dalam kegiatan Sosialisasi SNMPTN dan SNMPN Penerimaan Mahasiswa Baru 2021 seperti ditayangkan melalui Youtube Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud.

Dirinya memaparkan, mulai 2021 SNMPN hanya mengadakan proses pendaftaran untuk jenjang pendidikan Diploma 3 (D-3), sedangkan jenjang pendidikan Sarjana Terapan atau Diploma 4 (D-4) proses seleksi melalui SNMPTN yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (disingkat LTMPT).

Secara historis, Zainal mengungkapkan, Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) pada tahun 2014 menetapkan pola Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK- PN) akan dilakukan bersama dan diikuti oleh seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia (sebanyak 38 Politeknik Negeri) secara on-line.

“Hal ini dilaksanakan dengan berdasarkan pada Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, PP Nomor 66 dan PP Nomor 34 Tahun 2010,” kata Zainal.

Sementara itu Dirjen Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto menyatakan, pendaftaran calon peserta/siswa melalui jalur SNMPN tidak dikenakan biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah.

“Jalur SNMPN ini juga mengakomodasi calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi,” kata Wikan.

Informasi iengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SNMPN dapat diakses pihak sekolah melalui situs https://snmpn.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan panitia kepada masing-masing sekolah dan mendaftarkanl siswa-siswa terbaiknya.

Selanjutnya siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on-line. Selain mengakses situs https://snmpn.politeknik.or.id peserta dapat juga menghubungi Politeknik Negeri yang tergabung dalam SNMPN ini. (*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.