Take a fresh look at your lifestyle.

Pekerjaan Penggantian Jembatan Sedang Berlangsung, Pengguna Jalan Diharapkan Hati-Hati Melewati Ruas Jalan Adinegoro

833

Padang- Masyarakat pengguna jalan diharapkan hati-hati apabila melewati ruas jalan Adinegoro, Tabing Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Pasalnya, di sana sedang dilaksanakan pekerjaan perbaikan jembatan yang menyebabkan lalu lintas menjadi ramai dan memicu kemacetan.

Apalagi dengan beroperasionalnya Kereta Api jurusan Kota Padang menuju Kota Pariaman dan Padang – Bandara Internasional Minangkabau (BIM), membuat lalu lintas menjadi semakin macet, serta berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Padang AKP Syukur Hendri Saputra, pihaknya menempatkan empat personel setiap hari untuk mengurai kemacetan di lokasi pekerjaan perbaikan jembatan.

Apalagi arus lalu lintas di Jembatan Linggarjati tergolong padat, ditambah operasional kereta api juga sudah jalan sejak awal Agustus, sehingga membutuhkan pengawalan ekstra.

“Pihak BPJN Sumbar sudah lakukan koordinasi dengan kita, untuk mengurai kemacetan di lokasi. Oleh karena itu kita tempatkan personil di sana sejak awal pekerjaan,”ujar Kasat Lantas via ponselnya Senin, (3/8)

AKP Syukur Hendri juga meminta kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk memberitahu Polresta Padang, perihal jadwal kereta api yang melewati titik kemacetan itu.

“Untuk itu pihak KAI juga menginformasikan jadwal kereta api lewat pada jam-jam sibuk, supaya personil bisa disiagakan saat kereta api lewat,” bebernya.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar Bambang Pardede menjelaskan, Jembatan Tabing sedang dalam tahap pekerjaan bersama Jembatan Baso di Kabupaten Agam serta Jembatan Titian Panjang di Kayu Tanam.

“Ketiga jembatan tersebut masuk dalam satu paket pekerjaan Jembatan Air Titi CS. Progres pekerjaan deviasi positif. Permasalahan awal adanya saluran primer PAM dan tiang listrik PLN. Namun permasalahan tersebut sudah teratasi saat ini,” jelas Bambang.

Ia tak memungkiri terjadi kemacetan di lokasi pembangunan Jembatan Tabing pada saat jam-jam sibuk. Khususnya dari arah Padang menuju Pariaman, di pangkalnya sering terjadi rebutan masuknya kendaraan dari lajur paling kiri.

” Kita sudah meminta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.1 Satker PJN I untuk melakukan rekayasa ulang terhadap trafik lalu lintas di seputaran jembatan Tabing untuk meminimalkan kemacetan,” tegasnya.

Sementara, Kepala Humas PT KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. Reza Fahlepi mengatakan, pasca di aktifkannya kembali kereta api kembali setalah vakum masa pandemi Covid-19 di lajur kereta api yang terletak di jalan Adinegoro memang perlu waspada.

” Dikarenakan disana saat ini sedang berlangsung pengerjaan jembatan Linggar Jati. Pengguna jalan wajib berhati-hati khususnya di jam sibuk pagi dan sore dan memerhatikan tanda pintu perlintasan ketika kereta lewat,” ungkapnya.

Reza menambahkan di lokasi kemacetan, juga petugas dinas PUPR juga ada untuk memandu dan mengatur lalu lintas
” Selain petugas kami juga ada petugas proyek yang ada mengatur jalan, diharapkan masyarakat tetap memperhatikan rambu-rambu kereta, Jangan menerobos perlintasan ketika telah ditutup plang,” imbuhnya. (Hendra Khalid/ridho)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.