Take a fresh look at your lifestyle.

Penanganan Permanen Abrasi Pantai Padang Dilakukan 2020

769

Padang – Abrasi pantai semakin parah melanda Pantai Padang. Sangat jelas sekali terlihat pinggiran pantai Padang tepatnya di Tugu Merpati Perdamaian yang diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, luluh lantak terkena abrasi.

Bahkan jika tidak dilakukan penanganan permanen, maka tugu tersebut bisa jadi hanya akan menjadi salah satu bagian dari sejarah Kota Padang di masa akan datang. Mengingat tindakan penanggulangan sementara juga sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang maupun Kementerian PUPR Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, beberapa waktu lalu.

BWS Sumatera V pun tak menyerah dengan keadaan sembari tetap berupaya agar abrasi pantai tidak merobohkan tugu merpati yang menjadi salah satu ikon masyarakat Kota Bingkuang.

“Kali ini kita tanggulangi dulu dengan memasang karung pasir bersama masyarakat. Didepannya kita akan pasang tetrapod agar bisa menahan kekuatan ombak,” Ujar PPK Operasi dan Pemeliharaan (OP) II Heru Ramanda kepada wartawan saat goro bersama masyarakat, Rabu (30/10).

Dikatakan Heru, BWS Sumatera V sudah mengusulkan ke Ditjen SDA Kementerian PUPR untuk segera melakukan tindakan permanen penanganan abrasi Pantai Padang, untuk tahun 2020 mendatang, yang akan disesuaikan dengan penanganan groint atau revetment.

“Beberapa kali kita lakukan dengan penanganan sementara, tak bisa juga. Terpaksa lah kita lakukan dengan penanganan permanen. Mudah mudahan tahun 2020 bisa terealisasi,” Tutup Heru.(ridho/wil)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.