Take a fresh look at your lifestyle.

Sayuran Hidroponik Untuk Kesehatan Stakeholder BWS Sumatera V

527

Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V manfaatkan ruang kosong di sekitar kantor, dengan menanami sayuran hidroponik. Pengolahan tanaman yang berlokasi di Lantai 3 Kantor setempat sudah dilaksanakan sejak Maret 2019 lalu.

Penanaman sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan tersebut menggunakan media tanam berbentuk meja dari baja ringan diisi air, dengan kapasitas satu meja setinggi 100 cm itu menghasilkan 200 batang sayuran siap panen.

Kepala BWS Sumatera V Maryadi Utama ST.MSi mengatakan, penanaman sayuran hidroponik ini merupakan kegiatan sampingan, disela-sela rutinitas pekerjaan dengan misi pengelolaan Sumber Daya Air (SDA).

Kegiatan bersifat positif ini disampaikan Maryadi juga sekaligus sebagai inovasi mengembangkan sayuran hidroponik dibawah pengelolaan Ibu-ibu Paguyuban BWS Sumatera V dibantu staf dan pelaksana tugas.

“Dengan mengkonsumsi sayuran hidroponik tanpa pestisida untuk seluruh stakeholder BWS Sumatera V, dapat menjaga kesehatan tubuh. Jika tubuh sehat, pengabdian pada masyarakat dengan membangun infrastruktur dapat berjalan optimal,” tutur Maryadi.

Seperti diketahui, sayuran hidroponik yang ditanam BWS Sumatera V ada tiga jenis, yakni sayuran jenis pacoy dengan masa panen 20 hari, jenis sawi dengan masa panen 20 hari dan jenis kangkung dengan masa panen 30 hari.

Sejak mulai dilakukan penanaman pada Maret, BWS Sumatera V telah tiga kali memanen hasil pertanian mereka. Dalam satu kali panen, sayuran yang dihasilkan bisa mencapai ratusan kilogram.

“Hasil panen sayuran ini menghasilkan ratusan kilogram untuk dikonsumsi oleh seluruh staf BWS Sumatera V, tidak untuk menghasilkan profit pastinya. Karena tujuan menanam sayuran hidroponik murni untuk kesehatan,”terang pria energik ini.

Dirinya berharap, langkah BWS Sumatera V ini bisa ditiru oleh kantor lainnya di Sumbar, khususnya di Kota Padang. Agar budaya hidup sehat dapat lebih ditingkatkan dengan memakan makanan bernilai gizi tinggi.(Ridho/wil)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.