Take a fresh look at your lifestyle.

Surfa Yondri : Lebih 50 Persen Mahasiswa Baru PNP Dapat Beasiswa

685

Padang – Lebih dari 50 persen mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang (PNP) mendapatkan beasiswa dari berbagai program. Di antaranya beasiswa Bidik Misi/KIP-K, beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), beasiswa dari Lazis PNP , beasiswa Afirmasi Adik, beasiswa dari Swasta/BUMN dan Pemda, serta beasiswa dari KJMU/Pemprov DKI.

“Untuk penerima beasiswa Bidik Misi/KIP-K di PNP dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Bahkan untuk tahun 2020, kuota Bidik Misi di PNP mencapai 853 penerima. Jadi saat ini, total mahasiswa PNP yang menerima program Bidik Misi berjumlah sekitar 2900 orang mahasiswa,” ungkap Direktur PNP Surfa Yondri.

Rata-rata mahasiswa penerima beasiswa di PNP sebut Surfa Yondri adalah mahasiswa yang memiliki prestasi bagus, namun dari segi ekonomi mengalami keterbatasan.

“Pada tahun tahun sebelumnya, mahasiswa penerima beasiswa KIP-K atau dulu dikenal dengan beasiswa bidik misi memang kita visitasi di lapangan. Kebanyakan mereka yang ekonomi orangtuanya belum memadai. Sekarang yang sudah punya kartu KIP, tidak di visitasi lagi,” jelasnya.

Sementara itu prestasi yang diraih PNP untuk program Bidik Misi ini ulas Surfa Yondri,  PNP merupakan Perguruan Tinggi Negeri Terbaik I Pengelola Bidik Misi tahun 2018 dan juga sebagai peringkat ketiga Satker Beprestasi tahun 2019.

“PNP juga berada sebagai peringkat 10 Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia tahun 2019 dan sebagai Harapan 2 Pengelola Aset Terbaik pada tahun 2018,” ungkap pria yang akrab disapa Boyon itu.

Untuk sarana dan prasarana kampus tambah Surfa Yondri, PNP memiliki kampus dengan konsep green campus, gedung PKM lobi utama, laboratorium, parkir khusus disabilitas dan juga taman kampus.

Untuk Visi, PNP sendiri pada tahun 2025 menjadi Institusi Pendidikan Vokasi terbaik di Asia Tenggara, bermartabat dan berwawasan internasional dengan mengimplementasikan budaya mutu yang terdiri dari berakhlak mulia, berpikir akademis dan bertindak profesional.

“Di PNP, terdapat 297 orang dosen dengan rincian, sebanyak 26 orang lulusan S3 dan 271 orang lulusan S2. Jumlah mahasiswa PNP, mencapai 4.355 orang. Mereka tersebar di 7 jurusan yang terdiri dari 21 program studi D-III dan D-IV,” pungkasnya. (*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.