Take a fresh look at your lifestyle.

Wariskanlah Air Untuk Anak Cucu, Agar Kelangsungan Hidup Tetap Terjaga

467

Padang – Air adalah sumber kehidupan. Wariskanlah air untuk anak cucu kedepan, bukan mewariskan air mata. Caranya yaitu dengan menjaga sumber- sumber air, sehingga bisa digunakan untuk kelangsungan hidup hingga sampai kapanpun.

Pesan tersebut disampaikan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V, Maryadi Utama ST.MSi disela sela kegiatan aksi bersih-bersih Batang Arau Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke 27, Sabtu (23/3).

Maryadi Utama mengatakan, dalam memaknai Hari Air Dunia kali ini, pihaknya mengajak kepada Komunitas Peduli Sungai dan seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Tujuannya agar sungai bisa terjaga dan semua biota laut maupun sungai bisa hidup dengan baik, sehingga muaranya masyarakat menjadi sejahtera. Dengan terjaganya kebersihan sungai, juga menjadi kenyamanan tersendiri dalam menikmati alam.

Maryadi menyebutkan, BWS Sumatera V selalu memelihara lima sungai besar di Kota Padang supaya tetap bersih, agar sumber air tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Keempat sungai yang telah bersih seperti Batang Kuranji, Banjir Kanal, Batang Air Dingin dan Batang Kandis.

Namun satu sungai lagi, yakni Batang Arau masih tampak kurang bersih. Hal ini dikarenakan masih banyak sampah masyarakat berserakan di dalam sungai dan banyaknya sedimen dipinggir sungai.

“Jadi kita membersihkan sampah, membersihkan rumput rumput, dan mengangkat sedimen yang ada di dalam Batang Harau itu dengan mengerahkan satu excavator,” jelasnya.

Dengan tema Hari Air Dunia 2019 “semua mendapat akses air”, dirinya mengimbau masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungan untuk menjaga sumber-sumber air, sehingga tidak tercemar.

“Pada hari peringatan Hari Air Dunia , diharapkan dengan menjaga kondisi air, masyarakat tidak mengalami kekeringan dikala musim kemarau dan tidak kebanjiran di musim hujan,” Himbaunya.

Seperti diketahui, ratusan orang terdiri dari staf BWS Sumatera V, unsur IPC Pelindo, unsur PT Semen Padang, Anggota TNI, ASN Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumbar, Bank Nagari dan OPD Pemko Padang tumpah ruah mengikuti aksi mulia tersebut.

Ikut hadir pada kesempatan itu Gubernur Sumatera Barat Prof Irwan Prayitno, Dirut PT Semen Padang Yosviandri, Dirut Bank Nagari Dedy Ihsan serta Kepala OPD Pemprov Sumbar, yang hadir langsung mengikuti kegiatan bersih bersih yang dilaksanakan setiap sekali setahun itu.(wil/dayat/

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.