Take a fresh look at your lifestyle.

Kodim 0319 Mentawai Lakukan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Penyuluhan KB

628

MENTAWAI – Komandan Kodim (Dandim) 0319/Mentawai Letkol CZI Bagus Mardyanto memantau lokasi TMMD Ke-110 untuk memantau kegiatan fisik program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang sudah mencapai 20 persen di Desa Bukit Pamewa, Jum’at (5/3).

Salah satunya rumah milik Adi Derita Budiman,47, warga Kecamatan Sipora Utara. Pada kesempatan itu Dandim mengecek rumah Adi yang dalam tahap pembuatan pondasi oleh prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Penugasan Satgas TMMD Kodim 0319/Mentawai.

Dandim Bagus Mardyanto mengatakan, kunjungan ini menindak-lanjuti kegiatan TMDD ke-110 yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tanggung jawab anggotanya atas beban tugas yang diberikan ke pada satgas TMDD.

“Pak Adi laki-laki yang sangat tangguh walaupun dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Semoga kegiatan fisik program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bisa membantu beliau, ” kata Dandim.

Lebih lanjut Dandim menegaskan, kemanunggalan ini menjadikan satu ikatan kekuatan, yang tak bisa dipisahkan. “Sebab bersama rakyat TNI kuat,” tukasnya.

Di tempat terpisah, rangkaian Satgas TMMD ke 110 Kodim 0319/Mentawai menggelar penyuluhan KB dan kesehatan di Desa bukit pamewa Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai

Penyuluhan KB dan kesehatan tersebut digelar pukul 08.00 WIB yang diisi oleh Rahmat Hidayat M.Pd dan Sarah Anugerah Putri dari dinas DPMDP2KB.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan Inform Concent/Persetujuan Tindakan dan dilanjutkan pemasangan KB implan. Pemasangan metoda kontrasepsi jangka panjang (MKJP) ini dilakukan oleh petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai

Menurut, Pasi Teritorial Kodim 0318/Mentawai Letda Inf James Sibarani, kegiatan penyuluhan KB dan Kesehatan itu merupakan salah satu sasaran non fisik dari pelaksanaan TMMD ke 110

“Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu wujud sinergitas TNI, Pemerintah Daerah dalam hal ini BKKBN Provinsi Sumatera Barat Dinkes Mentawai, dan DPMDP2 KB Mentawai dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Mentawai. Salah satunya di Desa Bukit pamewa Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kep Mentawai,” katanya.

Ia menambahkan, sosialisasi Keluarga Berencana ( KB) dan kesehatan juga merupakan komitmen TNI melalui Satgas TMMD ke 110 Kodim 0319/Mentawai yang siap membantu Pemerintah bersama Instansi terkait dalam rangka mewujudkan Indonesia maju, makmur dan sejahtera, mengingat pertambahan penduduk sangat mempengaruhi ketahanan negara.

“Penyuluhan keluarga berencana untuk keluarga sangat berguna dalam pengaturan jenjang kelahiran anak. Sedang cara-cara ber-KB dan manfaat yang diperoleh misalnya mewujudkan keluarga kecil menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.