Take a fresh look at your lifestyle.

Walikota Mahyeldi: Duta Genre Ajang untuk Memilih Generasi Muda yang Kuat

634

PADANG – Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Padang kembali digelar di tahun 2021 dan kini telah memasuki babak grand final. Sebanyak 10 pasang finalis yang berasal dari Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan Perguruan Tinggi di Kota Padang itupun kini tengah bersaing untuk mendapat predikat Duta GenRe Kota Padang 2021.

Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pemilihan Duta GenRe Kota Padang merupakan upaya dalam mewujudkan generasi muda yang kuat di masa mendatang. Generasi beriman, berakhlak mulia dan berilmu pengetahuan yang akan menjadi pemimpin bangsa dan negara di masa depan.

“Kita harus menyiapkan generasi yang lebih baik di masa mendatang. Hal itu merupakan tanggung jawab kita bersama. Untuk itu perlu sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan keluarga,” ujar Wali Kota Mahyeldi sewaktu membuka kegiatan tersebut di Hotel Grand Zuri, Senin (22/2/2021).

Mahyeldi menambahkan, menyiapkan generasi muda yang kuat di masa mendatang merupakan perintah agama. Hal itu sesuai dengan firman Allah SWT dalam Alquran Surat An-Nisa ayat 9 yang berbunyi Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka.

“Maka oleh sebab itu mari kita siapkan generasi muda yang kuat, beriman dan berilmu pengetahuan. Karena generasi muda hari ini adalah pemimpin di masa akan datang,” pungkas Wako Mahyeldi.

Sejalan dengan itu, Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati mengatakan berdasarkan hasil Sensus Penduduk 2020 jumlah penduduk Sumatera Barat berjumlah sebanyak 5,53 juta jiwa. Adapun porsi penduduk usia produktif (usia 15-64 tahun) sebanyak 68,65% dari total populasi.

“Itu artinya Sumatera Barat saat ini sudah memasuki era bonus demografi. Maka dari itu rasanya program pembinaan kepada generasi muda dalam hal ini GenRe merupakan hal wajib saat ini, karena dapat dianggap sebagai modal pembangunan bangsa di masa depan,” tuturnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A2KB) Kota Padang Endrizal mengatakan, peserta yang mengikuti seleksi pemilihan Duta GenRe Kota Padang dari tahap awal berjumlah 167 orang, yang terdiri dari 111 perempuan dan 52 orang laki-laki.

“Sementara peserta yang lolos seleksi sebanyak 50 orang atau 25 pasang peserta, yang berasal dari 30 SLTA dan 20 dari Perguruan Tinggi,” sebutnya. (*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.